Kecantikan

Inilah Penyebab Jerawat Conglobata Banyak Menyerang Pria yang Rutin Pergi ke Gym

Acne conglobata adalah jerawat yang paling parah. Jerawat ini bisa dialami pria maupun wanita. Namun yang paling banyak mengalaminya adalah pria.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: teguh_prasetyo
dokumentasi
dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin Rachel 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Acne conglobata adalah jerawat yang paling parah. Jerawat ini bisa dialami pria maupun wanita. Namun yang paling banyak mengalaminya adalah pria.

dr Desidera Husadani, Sp.DV dari Klinik Skin Rachel mengatakan, acne conglobata bisa muncul tiba-tiba, padahal sebelumnya tidak ada jerawat.

Bisa juga awalnya jerawat sudah mereda lalu tiba-tiba muncul acne conglobata 

Selain itu bisa juga awalnya jerawat biasa yang tidak ditangani dengan benar, lalu akhirnya lama kelamaan menjadi acne conglobata.

Penyebab acne conglobata adalah faktor genetik. Pemicunya adalah penggunaan obat obatan untuk kelenjar tiroid, serta terkena bahan-bahan kimia yang ada pada pupuk tanaman dan insektisida.

Pemicu acne conglobata lain adalah penggunaan obat-obat mengandung steroid untuk membesarkan otot yang biasanya dikonsumsi oleh pria-pria yang suka gym.

Ciri-ciri acne conglobata adalah bentuknya besar, dalam, dan membentuk seperti terowongan bawah kulit. Saking besarnya, antar jerawat satu dan lainnya bisa menyatu.

"Satu lagi ciri-ciri acne conglobata adalah bisa muncul nanah yang menimbulkan bau. Ciri-ciri inilah yang sering membuat yang mengalami acne conglobata merasa tidak percaya diri," kata Anggota Perdoski Cabang Bandar Lampung itu dalam Bincang Kecantikan, Senin 30 Mei 2022.

Acne conglobata bisa menimbulkan rasa perih dan nyeri, terutama pada saat tergesek pakaian dan celana. Sebab acne conglobata  tak hanya muncul di wajah. Bisa juga di dada, punggung, lengan atas, dan bokong. 

Jika mengalami acne conglobata, jangan mencoba untuk memencetnya dan jangan mengobati dengan obat-obatan tanpa pengawasan dokter spesialis kulit. Sebab khawatirnya akan menimbulkan masalah baru, seperti iritasi dan peradangan.

Sebaiknya langsung datang ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan jika mengalami acne conglobata. Adapun pengobatan yang diberikan berupa obat-obatan minum, yang diminumnya bisa sampai enam bulan. Selain itu bisa ada juga obat oles namun yang sifatnya tidak iritatif.

Setelah pengobatan, acne conglobata bisa sembuh. Namun setelah sembuh, kemungkinan besar akan ada bekas seperti keloid dan bopeng. Untuk mengatasi bekasnya, bisa dikonsultasikan lagi ke dokter 

Untuk mencegah acne conglobata caranya lakukan perawatan kulit. Segera obati jerawat sebelum jerawat itu parah, diusia berapapun jerawatnya muncul, terutama jika memiliki faktor genetik acne conglobata.

Cara lain untuk mencegah acne conglobata adalah gunakan masker dan sarung tangan saat menggunakan pupuk tanaman dan insektisida. Lalu sebisa mungkin hindari makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi

(Tribunlampung.co.id/Jelita Dini Kinanti)

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved