Bandar Lampung

Waspadai Serangan DBD ke Anak, Ratusan Orang Dirawat Akibat Nyamuk Aedes Aegypti

Sikap waspada terhadap penyakit DBD sebaiknya jangan pernah ditinggalkan. Terutama untuk melindungi kelompok rentan seperti anak-anak.

grafis tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi DBD. Masyarakat Bandar Lampung diminta mewaspadai serangan DBD ke anak sebagai kelompok rentan. Apa lagi saat kekebalan tubuh tidak sempurna. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) umumnya muncul saat musim hujan. Namun tak mustahil pula terjangkit penyakit ini di setiap musim.

"DBD memang sepanjang zaman, tapi untuk saat cuaca lembab, khususnya musim hujan dan pancaroba memang lebih berpotensi untuk meningkat," kata Wakil Ketua IDI Provinsi Lampung, dr Boy Zaghlul Zaini, Sabtu (18/6/2022).

"Apalagi untuk lingkungan-lingkungan yang memiliki banyak genangan air, tempat yang digunakan nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus dengue (berkembang biak)," lanjut dr Boy Zaghlul Zaini.

Sikap waspada untuk penyakit DBD sebaiknya tidak pernah ditinggalkan, terutama untuk sikap melindungi kelompok rentan seperti anak-anak.

Anak-anak, kata dia, lebih berpotensi terserang penyakit ini. Sebab, DBD adalah penyakit yang menyerang saat kekebalan tubuh sedang tidak sempurna. 

Baca juga: Diskes Bandar Lampung Minta Keterlibatan Warga dalam Mencegah DBD

Baca juga: Pahlawan Radin Inten II Ikut Operasi Patuh Krakatau di Tugu Adipura Bandar Lampung

Pada anak, tanda-tanda DBD juga dapat berupa kondisi lemah, mual-mual dan muntah, serta pegal-pegal.

Secara umum, DBD dapat berupa demam tinggi mendadak berketerusan, nyeri atau pegal-pegal pada otot dan sendi, nyeri di belakang mata, serta wajah memerah dan muncul bintik-bintik di kulit.

"Karena anak relatif daya tahannya tidak sekuat orang dewasa. Terlebih usia anak kadang tidak sadar terhadap lingkungan bermainnya," jelas dia.

Saat gejala-gejala tersebut mulai nampak, lebih baik anak langsung diberikan perawatan medis, baik puskesmas maupun rumah sakit terdekat untuk penanganan awal.

Karena itu, dr Boy Zaghlul Zaini meminta agar masyarakat bisa memastikan kebersihan lingkungan. Terutama rumah dan tempat lain yang menjadi tempat rutinitas kegiatan anak-anak.

Tiap Bulan Ratusan Orang Terjangkit DBD  

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) masih harus menjadi hal yang harus diantisipasi masyarakat Bandar Lampung.

Data dari Dinas Kesehatan Bandar Lampung, dihimpun Tribunlampung.co.id, Sabtu (18/6/2022) tercatat, sedikitnya seratusan orang terjangkit DBD tiap bulannya.

Jumlah itu yang terdata di Bandar Lampung pada tahun 2022  ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved