Lampung Selatan

Peduli Literasi Warga Lampung Selatan, Aipda Agung Bikin Pojok Baca Sejak 2017

Anggota Sat Pol Airud Polres Lampung Selatan Aipda Agung Gede menjadi calon penerima Hoegeng Awards 2022 atas dedikasinya terhadap literasi.

Tribunlampung.co.id/Dominius Desmantri Barus
Anggota Sat Pol Airud Polres Lampung Selatan Aipda Agung Gede yang mendirikan pojok baca sejak 2017 dekat dengan anak-anak. Kepeduliannya terhadap literasi bakal diganjar Hoegeng Awards 2022. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Selatan- Aipda Agung Gede Asmarajaya merupakan calon penerima Hoegeng Awards 2022 atas dedikasinya selama ini terhadap literasi dan kemanusian.

Aipda Agung Gede merupakan anggota Sat Pol Airud Polres Lampung Selatan. Sementara Hoegeng Awards 2022, rencananya akan digelar pada 1 Juli 2022 mendatang di Jakarta Selatan.

Aipda Agung Gede menjabat sebagai Kasubbid Lidik di Sat Pol Airud Polres Lampung Selatan. Dia mengaku tidak menyangka dirinya bakal mendapat penghargaan tersebut.

"Saya nggak menyangka bisa masuk dalam nominasi penghargaan tersebut. Saya selama ini fokus memperbaiki SDM saya dan membantu masyarakat yang membutuhkan kesehatan," kata Aipda Agung Gede, Kamis (23/6/2022)

"Semalam saya sudah dikirim link undangan untuk menghadiri acara tersebut. Acaranya di Jakarta Selatan, 1 juli 2022 mendatang. Kalau saya diberi izin untuk ke sana ya saya akan hadir," ujarnya

Baca juga: KLHK dan JSI-JAAN Ganjar Kejaksaan Negeri Lampung Selatan Penghargaan

Baca juga: 496 Orang Menggambari Tembok Polres Lampung Selatan, Bisa Jadi Spot Foto

Agung Gede mengatakan dirinya mendirikan pojok baca dari 2017 di Dusun Way Bakak, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Dari 2017 lalu saya sudah buat pojok baca di rumah, kebetulan di rumah saya sendiri. Saya buatkan ruangan khusus 2x3 atau 2x2 untuk pojok baca itu," katanya

"Kebanyakan anak-anak yang datang jenjang SD kelas satu sampai kelas enam. Kadang juga ada tetangga yang datang untuk mencari buku-buku bacaan.

Kita juga ada contoh skripsi. Jadi tidak menutup kemungkinan untuk anak-anak yang mau melihat contoh-contoh skripsi ada di sini," ujar Agug Gede.

Dia mengatakan, dalam penghargaan Hoegeng Awards 2022 ada tiga kategori.

"Kalau nggak salah ada tiga kategori atau nominiasi. Polisi berintegritas, polisi inovatif, polisi berdedikasi. Kita dinominasikan dalam bidang dedikasi kalau nggak salah. Dalam hal kinerja atau tugas.

Kalau dari salah satu media itu, saya diberitakan sebagai penggiat literasi dan peduli sosial," katanya

"Kegiatan literasi yang saya lakukan bergerak dibidang buku bacaan. Kita membagikan buku disekitar pesisir pantai dan pulau. Sembari memberikan buku bacaan gratis dan buku tulis gratis untuk anak-anak di pulau, kita juga membuat pojok baca.

Beberapa warga terinspirasi membuat pojok baca di daerahnya masing-masing. Seperti di daerah Sumur Kumbang yang dikelola oleh lima swada dan guru honorer yang ada di Sumur Kumbang tersebut," ujarnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved