Berita Lampung

BUMDes Endra Mulya Lampung Timur Juara 1 Program E-Samdes, Aplikasi Pembayaran Pajak Kendaraan

Tak hanya itu, BUMDes Asri Makmur Lampung Timur juga memperoleh juara 3 pada program E-Samdes

Dokumentasi Kominfo Lampung Timur
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Endra Mulya Kabupaten Lampung Timur memperoleh Juara 1 pada program E-Samdes. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Endra Mulya Kabupaten Lampung Timur memperoleh Juara 1 pada program E-Samdes.

Tak hanya itu, BUMDes Asri Makmur Lampung Timur juga memperoleh juara 3 pada program E-Samdes.

Kabar itu diutarakan Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo disela-sela acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tahap III Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Lantai 3 Balai Keratun, Bandar Lampung, Rabu (16/11/2022).

"Alhamdulillah  BUMDes Endra Mulya Lampung Timur, memperoleh Juara 1 dan  BUMDes Asri Makmur Lampung Timur memperoleh juara 3," ungkap Bupati Dawam.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi  menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tahap III Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Keberadaan BUMDes dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor ini sebagai Agen Laku Pandai Bank Lampung dengan menggunakan Aplikasi E-Samdes dan Lsmart.

Baca juga: Pelajar 14 Tahun di Lampung Timur Bobol Rumah Tetangga saat Ikut Pengajian

Baca juga: Guru Honorer SMA Swasta Ngadu ke DPRD Lampung Minta Diangkat PPPK

Pada kegiatan tersebut, penghargaan dan hadiah juara 1 dan 3 langsung diberikan Gubernur Arinal Djunaidi kepada Kepala Desa Taman Endra dan Kepala Desa Taman Asri Kabupaten Lampung Timur.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi mengungkapkan bagaimana memberdayakan BUMDes dan aplikasi E-Samdes. 

Menurutnya, ini merupakan salah satu pendekatan kepada wajib pajak yang berada di pedesaan, sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak di wilayahnya masing-masing.

"Pajak merupakan salah satu dana yang kita kumpulkan untuk membangun Lampung dan juga berkontribusi untuk kepentingan Nasional, bukan kepentingan pribadi," tegas Gubernur Arinal Djunaidi.

Arinal menuturkan, sebagai langkah nyata, pada tahun 2021 Pemerintah Provinsi Lampung telah mengembangkan inovasi pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui BUMDes dengan aplikasi E-Samdes.

"Hal ini juga selaras dengan program kerja Gubernur, yakni Smart village yang terintegrasi ditingkat desa," papar Gubernur.

Kepala Bapenda Lampung, Adi Erlansyah melaporkan pada kegiatan ini dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama tahap III antara Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung.

Juga melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung, bersama Polda Lampung, Jasa Raharja, Bank Lampung dan perwakilan dari 109 Bumdes se-Lampung.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved