Lampung Bangkit

Begini Konsep Pembangunan yang Bakal di Usung Hantoni Hasan untuk Membangun Lampung

Jangan malah sebaliknya, membangun sistem yang membuat manusia ketergantungan dengan orang lain sehingga tidak menciptakan kemandirian.

Istimewa
Bakal Calon Gubernur Lampung Hantoni Hasan (kanan) membagikan kue kepada warga Kemiling Bandar Lampung dalam rangka kegiatan Gerakan Nasional PKS Menyapa, Minggu (30/10/2022) kemarin. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung- Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Lampung Hantoni Hasan menilai, konsep membangun tidak mesti hanya fokus pada pembangunan fisik seperti infrastruktur semata.

Juga tak kalah penting bagaimana membangun sumber daya manusia (SDM) yang mandiri, yang tidak bergantung dengan orang lain.

Dia mencontohkan dengan program bantuan yang kerap digulirkan pemerintah. Menurut Hantoni, program bantuan yang kerap diciptakan itu bukan tidak mungkin bisa menciptakan ketergantungan.

Sehingga tidak menciptakan kemandirian masyarakat untuk bangkit.

"Konsepnya adalah dia bisa menolong dirinya sendiri, itu target kita. Artinya dia memiliki kemandirian. Jadi kita membangun SDM, bagaimana targetnya dia bisa mandiri. Jangan menciptakan ketergantungan," ungkap Hantoni Hasan belum lama ini.

Mantan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung fraksi PKS itu menilai, ketika seseorang bisa menolong dirinya sendiri maka itu menjadi peluang untuk kebahagiaan dirinya sendiri.

Jangan malah sebaliknya, membangun sistem yang membuat manusia ketergantungan dengan orang lain sehingga tidak menciptakan kemandirian.

Baca juga: Hantoni Hasan Sebut Kesejahteraan dan Kebahagiaan Menjadi Satu Paket untuk Suksesnya Pembangunan

Baca juga: Strategi Hantoni Hasan Mengembangkan UMKM di Lampung, Ciptakan Ruang Kreatif dan Inovatif

"Kalau kita membuat sistem yang membuat manusia tergantung maka pada akhirnya nanti akan melahirkan konflik," terang Hantoni.

Pengusung tagline ‘Lampung Bangkit’ ini menuturkan, membangun manusia dalam konteks ini yakni dalam rangka mencapai bahagia dan membangun ekonomi dalam rangka mencapai kesejahteraan.

Keduanya, kata Hantoni, haruslah seimbang antara membangun manusia dan ekonomi yang pada akhirnya nanti bermuara pada kesejahteraan dan kemandirian.

Konsep Membangun Manusia dan Alam

Lebih lanjut Hantoni Hasan memaparkan, keberhasilan pembangunan harus dimulai dari membangun manusia dan alam.

Dua dimensi ini, menurut Hantoni, haruslah seimbang sehingga tujuan pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan akan terwujud.

Hantoni Hasan yang berniat maju pada kontestasi Pilgub Lampung 2024 itu menyebut, konsep pembangunan manusia dan alam itu menjadi satu strategi untuk membangun Lampung kedepan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved