Berita Terkini Nasional

Ganjar Pranowo Jadikan Koperasi dan UMKM sebagai Senjata Meningkatkan Perekonomian di Jawa Tengah

Ganjar meyakini keberadaan UMKM vital untuk menumbuhkan ekonomi. UMKM menurutnya mampu bertahan meski terjadi gejolak perekonomian global.

Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar meyakini keberadaan UMKM vital untuk menumbuhkan ekonomi. UMKM menurutnya mampu bertahan meski terjadi gejolak perekonomian global. 

Tribunlampung.co.id, Semarang- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Koperasi dan UMKM menjadi senjatanya untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Sejak menjabat Gubernur Jawa Tengah tahun 2013, Ganjar Pranowo telah melakukan berbagai gebrakan di sektor ekonomi.

Ganjar meyakini keberadaan UMKM vital untuk menumbuhkan ekonomi. UMKM menurutnya mampu bertahan meski terjadi gejolak perekonomian global.

Terbukti pada masa pandemi Covid-19 kemarin, UMKM Jateng terus tumbuh bahkan ada yang penjualannya naik 300 persen.

Beberapa gebrakan dilakukan Ganjar mulai dari memberikan akses permodalan melalui kredit murah, pembinaan UMKM, menggandeng marketplace hingga promosi gratis lewat akun media sosialnya.

Berbagai kebijakan itu dilakukan untuk mewujudkan kemadirian masyarakat Jawa Tengah di bidang ekonomi. Berikut rangkuman terobosan dan prestasi Ganjar di bidang pendidikan.

Baca juga: Sepekan Terakhir Terdapat 11 Kasus Baru Covid-19 di Tanggamus Lampung

Baca juga: Pemkot Bandar Lampung Tertibkan Kabel Optik Semrawut di Jalan Protokol

Sertifikasi untuk Pengelola dan Profesi Koperasi

Kebijakan ini diterapkan Ganjar sejak awal menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2013. Melalui cara itu, Ganjar mendorong agar terjadi revitalisasi koperasi.

Khususnya Koperasi Unit Daerah. Bagi mantan anggota DPR RI itu, KUD punya peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. KUD yang mati suri bisa kembali bergairah dan membantu kelompok buruh seperti petani atau nelayan.

Salah satu contoh yang dibanggakan Ganjar adalah KUD Mino Saroyo di Cilacap. Koperasi itu telah berhasil meningkatkan kesejahteraan para nelayan di sana.

Dari terobosan ini, Ganjar menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2014. Ganjar dinilai aktif perannya dalam meningkatkan perekonomian daerah dengan menjadikan koperasi dan UMKM sebagai penggerak roda ekonomi kerakyatan.

Akses Permodalan Lewat Kredit Murah

Pemaksimalan BUMD dilakukan Ganjar untuk bisa memberikan akses permodalan lewat kredit murah. Sejak tahun 2016, Ganjar menggandeng Bank Jateng memberikan kredit murah bagi masyarakat.

Adalah Mitra Jateng 25 dan Mitra 02, nama kredit dengan bunga rendah yang diluncurkan Ganjar bersama Bank Jateng.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved