Breaking News:

Berita Lampung

Operasi Lilin Natal dan Tahun Baru, Polres Lampung Selatan Siagakan 386 Personel 

Polres Lampung Selatan mulai mempersiapkan pengamanan menjelang operasi lilin atau pengamanan jelang hari libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: soni
Tribun Lampung / Dominius D Barus
Kapolres Lamsel AKBP Edwin. Polres Lampung Selatan mulai mempersiapkan pengamanan menjelang operasi lilin atau pengamanan jelang hari libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Selatan - Polres Lampung Selatan mulai mempersiapkan pengamanan menjelang operasi lilin atau pengamanan jelang hari libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Dalam operasi operasi lilin nanti, sebanyak 386 Personel Polres Lampung Selatan disiagakan.

Selain itu, Polres Lampung Selatan juga akan mendirikan 15 pos, dalam operasi lilin atau pengamanan jelang hari libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan pengamanan jelang operasi lilin atau Nataru 2022-2023.

"Kita akan dirikan 15 pos yang terdiri dari 12 pos pengamanan dan 3 pos pantau yang berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni-Terbanggi Besar," kata Edwin, Rabu (30/11/2022).

Selain itu, kata Edwin, pihaknya akan mendirikan pos pantau Tim Anti Bandit untuk mencegah terjad nya street crime atau kejahatan jalanan.

Edwin mengatakan, disiapkannya 386 personel tersebut di luar personel BKO Polda dan personel bantuan dari instansi pendukung, seperti TNI, Pol PP, Dinkes, Basarnas dan lainnya.

Edwin mengatakan sebanyak 104 gereja di Lampung Selatan akan mendapatkan pengamanan saat operasi lilin Nataru.

Namun, kata Edwin, pihaknya masih menunggu jadwal dari gereja masing-masing soal waktu pengamanan.

"Setelah kita dapat jadwalnya, petugas akan akan hadir digereja untuk melaksanakan pengamanan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah," kata Edwin.

Baca juga: Pospam Operasi Lilin Krakatau 2021 di Tanggamus Layani Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Hadapi Operasi Lilin Krakatau 2021 dan Nataru, Polres Lampung Selatan Dirikan 9 Pos

Selain menyiagakan personel di tempat Ibadah, lanjut Edwin, pihaknya juga akan menyiagakan beberapa personel Polres Lampung Selatan di tempat-tempat hiburan seperti pantai dan kafe yang ramai kunjungan.

"Akan ada personel dari Sat Pol Airud Polres Lampung Selatan dibantu Basarnas di tempat-tempat hiburan seperti pantai dan wahana hiburan lainnya untuk antisipasi warga yang tenggelam," katanya.

Edwin mengatakan untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan di Pelabuhan pada saat arus balik, pihaknya akan melaksanakan rekayasa lalu lintas dengan memasukan semua kendaraan ke dalam rest area km 20B sebagai kantong parkir.

Lalu, penumpang atau pengguna jada juga dianjurkan untuk membeli tiket sebelum sampai di dermaga untuk mengurai antrean.

Sedangkan untuk jalur arteri, tambah Edwin pihaknya akan membuat pengantongan parkir kendaraan di lapangan timbang gayam.

Kemudian, untuk sarana dan prasaran yang siap untuk mendukung Ops Nataru atau lilin antara lain truk Dalmas 2 unit.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved