Berita Terkini Nasional

YDKK Salurkan Donasi Buku untuk 15 Sekolah di Jawa Barat

Bantuan donasi buku YDKK yang diberikan untuk melengkapi koleksi bacaan di perpustakaan-perpustakaan sekolah. 

Dokumentasi
YDKK (Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas) salurkan donasi buku kepada 12 SMA dan SMK di Jawa Barat 

Tribunlampung.co.id, JakartaYDKK (Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas) salurkan donasi buku kepada 12 SMA dan SMK di Jawa Barat bagian Selatan, Kamis, (24/11/2022).

Kegiatan donasi buku YDKK merupakan bagian dari rangkaian acara Cycling De Jabar bekerja sama dengan Bank BJB dan Harian Kompas.

Bantuan donasi buku YDKK yang diberikan untuk melengkapi koleksi bacaan di perpustakaan-perpustakaan sekolah. 

Jawa Barat bagian Selatan menjadi wilayah sasaran  karena perkembangannya relatif tidak secepat Jawa Barat bagian Utara.

Ancaman bencana alam di daerah itu cukup besar, mulai dari banjir hingga tanah longsor, sehingga berdampak pada  aksesbilitas untuk belajar dan bekerja. 

Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas A Tomy Trinugroho mengungkapkan bahwa peningkatan kemampuan literasi siswa sangat penting karena memengaruhi kualitas manusia. 

Baca juga: Indonesia Masih Butuh 9 Juta Digital Talent hingga 2030

Baca juga: Ayah Anggota Brimob Lampung yang Gugur di Papua Curiga setelah Telepon Tak Aktif

“Dana Kemanusiaan Kompas yang mengelola donasi Pembaca Kompas memutuskan untuk menyalurkan bantuan pembaca bagi pengadaan buku di sekolah-sekolah di kawasan Jawa Barat. Semoga buku-buku hasil bantuan pembaca itu sungguh berguna dalam proses meningkatkan kemampuan literasi para siswa,” ungkap Tomy.

Serah terima donasi buku dari YDKK dilakukan di dua titik yakni SMAN 1 Ciemas dan SMAN 1 Ciracap yang bertepatan di Kabupaten Sukabumi.

Penyerahan donasi di SMAN 1 Ciemas diterima oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Ciemas Ramdan Sutana Hadi, sedangkan penyerahan di SMAN 1 Ciracap diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Beben Rusdani. 

Sebanyak 15 instansi yang mendapatkan bantuan dari donasi buku dan tersebar di limma wilayah selatan Jawa Barat.

Pemilihan sekolah dilakukan berdasarkan  dengan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Jawa Barat, yakni SMAN 1 Ciemas, SMKN 1 Tegalbuleud, dan SMAN 1 Ciracap dari Sukabumi, SMAN Sindang Barang dan SMKN Cidaun dari Cianjur, SMAN 1 SMKN 5 Cikelet dan SMAN 31 Miramareu dari Garut, SMAN 1 Cipatujah, CMKN 2 Cipatujah, SMKN Cikalong, dan SLBN Cipatujah dari Tasikmalaya, serta SMAKN 1 Cijulang, SMAN 1 Parigi, SMAN 1 Pangandaran, dan SMKN 1 Pangandaran dari Pangandaran. Total nilai bantuan buku dari YDKK sebesar 75juta rupiah atau setara dengan 5juta rupiah setiap perpusatakaan sekolah yang dibantu.

“Kami keluarga besar SMKN 1 Ciemas, Kab. Sukabumi, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang bersumber dari Pembaca Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas. Kami bersyukur dengan tambahan buku ini semoga bisa menambah dan memotivasi siswa kami untuk meningkatkan literasinya agar jadi gemar membaca,” ucap Kepala Sekolah SMAN 1 Ciemas Ramdan Sutana Hadi.

Ramdan juga mengungkapkan harapannya semoga Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas ke depannya bisa terus membantu berbagai instansi dalam bantuan pendidikan, baik dalam bentuk donasi buku maupun bantuan lainnya. Rasa syukur turut disampaikan pula oleh Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Ciracap Beben Rusdani atas peran serta, dukungan, dan bantuan buku untuk para peserta didik. 

Donasi buku menjadi salah satu kegiatan yang konsisten dilakukan oleh Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas di berbagai daerah sebagai uluran tangan dari para Pembaca Kompas. Harapannya, bantuan yang diberikan dapat berguna dan bermanfaat bagi para pelajar, secara khusus di Jawa Barat bagian Selatan dan mampu membangkitkan motivasi mereka dalam belajar dan menggapai cita-cita. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved