Jangan Jadi Kebiasaan, Ini Efek Buruknya Jika Sering Melewatkan Sarapan

Dengan alasan sibuk, terburu-buru, tidak nafsu makan, atau sedang diet, orang sering melewatkan sarapan.

Jangan Jadi Kebiasaan, Ini Efek Buruknya Jika Sering Melewatkan Sarapan
Ilustrasi - sarapan 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dengan alasan sibuk, terburu-buru, tidak nafsu makan, atau sedang diet, orang sering melewatkan sarapan. Padahal melewatkan sarapan bisa membuat tubuh mengalami banyak gangguan.

dr Tutik Ernawati, M.Gizi. SpGK dari Rumah Sakit Urip Sumoharjo dan RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo mengatakan, gangguan itu diantaranya gangguan lambung jangka panjang seperti maag. Kalau sudah terkena maag risikonya nafsu makan turun dan mengalami gangguan gizi.

dr Tutik Ernawati
dr Tutik Ernawati (Tribunlampung/Dini)

Tubuh juga bisa mengalami anoreksia nervosa, yakni gangguan makan yang disertai dengan rasa takut berlebihan berat badan akan bertambah.

Baca: Menu Sarapan Paling Tak Biasa di Indonesia, Bubur Kalkun Sampai Cungkring

Bisa juga mengalami kebalikannya, tidak sarapan membuat nafsu makan tinggi saat makan siang sehingga makan siang menjadi berlebihan. Kalau sudah begitu, diet yang dijalani terancam gagal.

Baca: Akibat Lalai Sarapan Batu-batu Seperti Ini Bersarang di Perut Seorang Wanita

Untuk itu dr Tutik menyarankan agar selalu sarapan. Tapi saya sarankan agar sarapan disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Jumlah kalori itu harus dilihat dari usia, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas.

"Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh masing-masing orang, hampir dipastikan tidak sama. Contoh, pekerja kantoran dan kuli bangunan yang memiliki usia, tinggi badan, dan berat badan sama. Tapi kalori yang dibutuhkan kuli bangunan lebih banyak dibandingkan pekerja kantoran karena kuli bangunan aktivitas lebih berat," kata dr Tutik.

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved