Tegal Mas Lampung

Pelajaran Penting dari Bos Grup Mulia Gunawan Tjandra: Low Profile, High Profit, dan Low Cholesterol

Pelajaran Penting dari Bos Grup Mulia Gunawan Tjandra, yakni Low Profile, High Profit, dan Low Cholesterol

Pelajaran Penting dari Bos Grup Mulia Gunawan Tjandra: Low Profile, High Profit, dan Low Cholesterol
TRIBUNLAMPUNG/ANDI ASMADI
Bos Grup Mulia, Gunawan Tjandra (kanan), bersama Pemimpin Umum Tribun Lampung Hadi Prayogo saat berdiskusi di Tegal Mas, belum lama ini. 

Pelajaran Penting dari Bos Grup Mulia Gunawan Tjandra: Low Profile, High Profit, dan Low Cholesterol

Siapa sangka, pengelola Pulau Tegal Mas, Thomas Azis Riska, mengenal banyak pengusaha papan atas negeri ini. Suatu hari dia terbang ke Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, bertemu dengan konglomerat Haji Isam. Hanya selang beberapa hari kemudian, ia sudah bersenda gurau dengan Gunawan Tjandra, bos Grup Mulia. "Saya ini anak bawang, saya belajar bisnis dari mereka," katanya.

PRIA yang sedang duduk di kursi di atas bangunan terapung di Tegal Mas Resort itu terlihat biasa saja, tak ada beda dengan pengunjung lain. Malah, jauh lebih sederhana. Ia hanya mengenakan celana pendek warna cokelat dan kaos berkerah warna hijau.

Namun, dia ternyata adalah salah satu miliuner Indonesia. Namanya Gunawan Tjandra. Usianya sekitar 70 tahun namun terlihat jauh lebih muda dari usianya.

Gunawan adalah salah satu owner Grup Mulia yang mengelola sekitar 41 perusahaan, di antaranya Hotel Mulia Senayan, Kondominium dan Mal Taman Anggrek, hingga perusahan keramik Mulia.

Thomas Riska: Keluarga adalah Motivasi Utama Kehidupan Saya

Kisah Thomas Riska Jatuh Bangun Menyulap Pulau Tegal Mas, Bolak-balik ke Pantai Panggul Semen

Kisah Thomas Riska Jatuh Bangun Menyulap Pulau Tegal Mas, Malam-malam Ngutang Pecel Ayam

Dua saudaranya adalah Eka Tjandranegara dan Djoko Tjandra. Jika menilik penampilannya, takkan ada yang mengenali dia sebagai salah satu konglomerat tanah air.

"Beliau ini guru saya, banyak petuah dan pelajaran bisnis saya dapatkan dari beliau," kata Thomas saat bincang bersama dengan Gunawan Tjandra dan Tribun Lampung di Tegal Mas, sepekan silam.

Bos Grup Mulia, Gunawan Tjandra (kanan), bersama Pemimpin Redaksi Tribun Lampung Andi Asmadi saat berdiskusi di Tegal Mas, belum lama ini.
Bos Grup Mulia, Gunawan Tjandra (kanan), bersama Pemimpin Redaksi Tribun Lampung Andi Asmadi saat berdiskusi di Tegal Mas, belum lama ini. (TRIBUN LAMPUNG/IIN WAHYUNINGRUM)

"Sebagai orang yang sudah malang melintang dalam dunia bisnis, beliau telah melalui banyak badai dan bisa tetap eksis sampai sekarang," ujarnya.

Gunawan sangat ramah dan sama sekali tak menunjukkan diri sebagai orang yang berkuasa dan mengelola usaha dengan jumlah karyawan puluhan ribu orang.

Saat berbincang dengan Tribun, ia menceritakan pengalaman hidupnya sedari kecil, mencoba peruntungan di luar negeri, lalu kembali ke Indonesia membangun bisnis hingga menuai sukses seperti sekarang.

Halaman
123
Penulis: Andi Asmadi
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved