Solusi Praktis Atur Jam Tidur Anak

Pola tidur balita seperti jarang tidur siang dan tidur malam terlalu larut, dan bangun pagi di atas pukul 09.00 WIB kerap membuat orangtua cemas.

Solusi Praktis Atur Jam Tidur Anak
iStock
Manfaat anak bergerak aktif 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pola tidur balita seperti jarang tidur siang dan tidur malam terlalu larut, dan bangun pagi di atas pukul 09.00 WIB kerap membuat orangtua cemas.

Sejatinya, apakah pola tidur seperti sehat?

Psikolog Retno Riani MPsi menerangkan, orangtua tak perlu khawatir terkait pola tidur anak usia balita seperti itu. Menurutnya, di usia tersebut biasanya anak asyik melakukan eksplorasi.

"Jadi sebenarnya nggak akan berdampak ke psikologisnya sekalipun anak tidak terbiasa tidur siang".

"Terpenting bagi anak adalah istirahat cukup minimal delapan jam sehari semalam," terang dosen UIN Raden Intan Lampung itu.

Tips Tingkatkan Daya Ingat Anak

Ia menjelaskan, istirahat maksimal anak bisa dilakukan malam hari saat jam tidur. Anak menurutnya tidak selalu melakukan aktivitas fisik yang melelahkan sepanjang hari.

Saat anak hanya duduk pun sudah termasuk kategori istirahat. Sehingga meskipun tidak tidur siang, anak juga memiliki waktu istirahatnya sendiri.

Retno menyarankan, orangtua penting membiasakan anak tidur malam mulai pukul 21.00 WIB. Terlebih jika tidak tidur siang, biasanya anak lebih cepat tidur di malam hari.

"Jadi tinggal pembiasaan dari orangtuanya dalam mengatur jam tidur yang efektif bagi anaknya. Tidak tidur siang tidak masalah, yang penting tidur cukup di malam hari," ujarnya.

Tips Edukasi Anak Halau Rasa Takut

Retno menyarankan, orangtua harus memastikan buah hati memiliki pola hidup sehat dan memiliki waktu istirahat cukup. Itu bisa menunjang tumbuh kembang anak dengan lebih baik.

Anak yang kurang tidur atau istirahat biasanya akan sulit konsentrasi, menyebabkan pikiran kurang fokus dan lambat.

Anak-anak yang terbiasa tidur larut malam juga meningkatkan risiko malas dan mudah mengantuk saat siang, menjadi cepat lelah dan lemas. (*)

Tags
Smart Kids
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved