Tips Tingkatkan Daya Ingat Anak

Daya ingat setiap anak berbeda-beda. Ada anak mempunyai kemampuan daya ingat baik, ada pula sebagian diantaranya mungkin mengalami kesulitan.

Tips Tingkatkan Daya Ingat Anak
Ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Daya ingat setiap anak berbeda-beda. Ada anak mempunyai kemampuan daya ingat baik, ada pula sebagian diantaranya mungkin mengalami kesulitan.

Anak dengan kapasitas memori lebih rendah, mungkin mengalami kesulitan menyelesaikan kalimat atau tugas lainnya.

Kendati demikian, bukan berarti anak tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugasnya. Itu karena mereka memiliki kapasitas "memori kerja" kurang berkembang.

Kaprodi Psikologi Universitas Malahayati Octa Reny Setiawati mengatakan, daya ingat merupakan kemampuan untuk menyimpan informasi.

Ketajaman daya ingat anak tergantung dari asupan gizi dan stimulasi yang diberikan pada anak.

Tips Edukasi Anak Halau Rasa Takut

Asupan gizi dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Saat anak lahir, anak kembali diberikan asupan gizi sekaligus stimulasi.

“Jika anak hanya diberikan asupan gizi tanpa stimulasi percuma, karena stimulasi itu akan merangsang daya ingat anak. Tapi merangsang bukan berarti memaksa anak untuk mengingat,” jelas Octa.

Stimulasi imbuhnya, dilakukan dengan audio visual. Itu karena usia masih anak-anak, indra penglihatan dan pendengaran bisa menjadi modal untuk meningkatkan kemampuan.

Satu contoh stimulasi dengan audio visual adalah mengajak anak bermain. Misalnya, bermain tebak-tebakan atau beramain game.

Halaman
12
Tags
Smart Kids
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved