Tribun Lampung Selatan

Asyik, Kini Ada Fasilitas Pojok Baca di atas Kapal Penyeberangan dan Terminal Eksekutif Bakauheni

Penggiat literasi Perahu Pustaka bekerjasama dengan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyediakan pojok baca di atas kapal

Asyik, Kini Ada Fasilitas Pojok Baca di atas Kapal Penyeberangan dan Terminal Eksekutif Bakauheni
Tribunlampung.co.id/Dedi
Pojok baca di atas kapal KMP Sebuku 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Penggiat literasi Perahu Pustaka bekerjasama dengan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyediakan pojok baca di atas kapal yang melayani penyeberangan eksekutif. Pojok baca ini juga terdapat di terminal eksekutif.

“Saat ini pojok baca ini ada di KMP Sebuku, KMP Batu Mandi, KMP Portlink 00 dan KMP Portlink III serta KMP Jatra III. Juga ada diterminal eksekutif Merak dan Bakauheni,” terang Ratmiadi dari penggiat literasi perahu pustaka, rabu (2/10).

Menurutnya pojok baca ini diletaknya di dekat ruang tunggu penumpang untuk di terminal eksekutif.

Pojok baca ini bisa digunakan masyarakat yang menunggu pelayanan kapal sembari membaca buku untuk mengisi waktu.

Korban Meninggal Saat Diksar Bukan Mapala Unila

“Begitu juga dengan pojok baca diatas kapal. Bisa dimanfaatkan pengguna jasa untuk mengisi waktu selama dalam perlayaran penyeberangan,” ujar Ratmiadi.

Untuk buku-buku yang ditempatkan di pojok baca ini diisi dari penggiat literasi Perahu Pusataka. Ratmiadi mengatakan, buku-buku tersebut akan diganti secara periodic agar para pengguna jasa tidak bosan.

Hari Batik Nasional 2019, Kumpulan Ucapan dan Gambar Hari Batik Nasional yang Cocok untuk Status WA

Untuk rak buku, lanjutnya, merupakan hibah dari Sekretariat DPR RI pusat yang melakukan kunjungan apda 23 September lalu kepada teman-teman penggiat literasi dan juga melihat terminal eksekutif pelabuhan Bakauheni dan Merak.

“Untuk jenis buku-bukunya, ada buku untuk anak-anak. Anak-anak tidak lagi bermain di dekat railing kapal yang berbahaya bisa jatuh ke laut. Nanti kita juga akan isi dengan buku-buku untuk orang dewasa,” kata Ratmiadi.

Kapten KMP Sebuku, Mardani menyambut baik pembuatan pojok baca diatas kapal yang diinisiasi oleh penggiat literasi Perahu Pustaka. Keberadaan pojok baca diatas kapal bisa menjadi alternative bagi pengguna jasa penyeberangan mengisi waktu dalam pelayanan dengan membaca buku.

“Kita menyambut baik. Karena ini bisa membantu pengguna jasa mengisi waktu dalam penyeberangan. Sehingga tidak lagi jenuh,” kata Mardani.(tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved