Terkait Dugaan Jual Beli Kursi, KPU Lampung Akan Gelar Pleno

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, jika oknum tersebut terbukti terlibat, pihaknya tidak akan memberikan bantuan hukum.

Terkait Dugaan Jual Beli Kursi, KPU Lampung Akan Gelar Pleno
tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi. KPU Provinsi Lampung menanggapi dugaan keterlibatan oknum anggotanya dalam praktik jual beli kursi jabatan komisioner. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menanggapi dugaan keterlibatan oknum anggotanya dalam praktik jual beli kursi jabatan komisioner.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, jika oknum tersebut terbukti terlibat, pihaknya tidak akan memberikan bantuan hukum.

"Jika memang terbukti itu pelanggaran etik personal, kita tidak bisa berikan bantuan hukum," kata Erwan, Minggu (10/11/2019).

Guna menindaklanjuti masalah ini, internal KPU Lampung akan menggelar rapat pleno, Senin (11/11/2019).

"Ya kita akan pelajari secara komprehensif melalui rapat pleno besok. Tapi jika memang sudah dilaporkan kepada DKPP, tentunya nanti akan menjadi proses pembuktian sehigga permasalahan ini tidak terus  menggelinding menjadi informasi yang tidak berkepastian," jelasnya.

Diduga Minta Duit Rp 150 Juta, Oknum Anggota KPU Lampung Dilaporkan Praktik Jual Beli Kursi

Secara pribadi, Erwan mengaku tidak pernah mengeluarkan dana sedikit pun untuk bisa menjadi komisioner, baik di KPU kabupaten/kota maupun KPU Provinsi Lampung.

"Biaya keluar itu hanya untuk mengurus administrasi berkas, seperti fotokopi, menjilid. Selain itu, tidak ada biaya. Tes kesehatan jasmani dan rohani pun dibiayai negara," papar dia.

Mahar Rp 150 Juta

Seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di Provinsi Lampung diduga diwarnai praktik jual beli kursi. 

Praktik tersebut diungkap salah satu calon komisioner dari KPU Tulangbawang berinisial VY.

Halaman
1234
Penulis: kiki adipratama
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved