Breaking News:

Tegal Mas Lampung

Fenomena Hiu Paus Muncul di Teluk Lampung, Thomas Riska Kangen Menyelam Bersama Hiu Paus

Lampung berpotensi mengembangkan wisata hiu paus, namun pemerintah perlu menjaga ketat spesies yang dilindungi ini dari perburuan.

ISTIMEWA
BERIRINGAN - Owner Pulau Tegal Mas, Thomas Riska, menyelam beriringan dengan hiu paus di kedalaman laut sekitar 30 meter di perairan sekitar Tegal Mas, belum lama ini. 

Hiu paus, dengan nama latin Rhincodon typus, menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Lampung belakangan ini dengan seringnya muncul di permukaan laut di sekitar Teluk Lampung. Beberapa waktu terakhir, hiu paus yang merupakan ikan raksasa kerap menampakkan diri di perairan sekitar Pulau Tegal Mas. Teluk Lampung berpotensi mengembangkan wisata hiu paus, namun pemerintah perlu menjaga ketat spesies yang dilindungi ini dari perburuan.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Thomas Azis Riska, owner tempat wisata Pulau Tegal Mas, seminggu terakhir berada di Jakarta. Ia mengaku gelisah karena hobi menyelam tidak bisa tersalurkan.

Pada Rabu (4/12) pagi, saat baru tiba di Lampung, ia buru-buru ke Tegal Mas dan menyelam. "Saya kangen melihat hiu paus," katanya ketika dihubungi Tribun, Rabu sore.

Ia menyatakan rasa kangennya terpuaskan karena selama menyelam sekitar satu jam di perairan Tegal Mas, ia menemukan dua ekor hiu paus pada kedalaman sekitar 15 meter. Ia lalu mengikuti perjalanan hiu paus tersebut beberapa saat sebelum muncul ke permukaan.

"Saya ini scuba diving addict. Sekarang semakin menjadi-jadi karena keberadaan hiu paus di sekitar Tegal Mas," kata Thomas.

Selama 2019 ini ia menyatakan sudah lebih dari 10 kali bertemu dengan hiu paus saat melakukan penyelaman, pada kedalaman 10 meter hingga 30 meter. "Lebih dari 30 meter saya tidak berani turun lagi karena peralatan selam tidak mendukung," tambahnya.

Hiu paus atau whale shark sudah sejak tahun lalu ramai menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Bahkan, menurut catatan Tribun, pada 3 April 2018, seekor hiu paus dengan panjang sekitar 12 meter terdampar di perairan Sukaraja.

Hiu Paus Sering Muncul di Perairan Pulau Tegal Mas, Thomas: Pertanda Ekosistem di Tegal Mas Terjaga

VIDEO Detik-detik Hiu Paus Datangi Perahu Nelayan Minta Diselamatkan

Nelayan bersama Thomas yang pada saat yang sama kebetulan melintas di tempat tersebut, beramai-ramai menggiring hius paus tersebut ke tengah laut.

Beberapa nelayan yang kerap mencari ikan di Teluk Lampung juga mengatakan, hiu paus sering menampakkan diri di permukaan laut. Siripnya bisa terlihat dari jauh dan ketika didekati dari atas terlihat punggung ikan yang berbintik-bintik seperti tutul, sehingga kerap pula disebut hiu tutul. "Sekarang sering terlihat di sekitar Tegal Mas," kata Udin, salah seorang nelayan.

Pengunjung kawasan wisata Tegal Mas pun beberapa di antaranya pernah melihat kemunculan hiu paus saat sedang melakukan snorkling. Dari atas perahu, salah seorang pengunjung bernama Ferdian mengaku melihat sirip seperti hiu tampak di permukaan laut. Tak lama kemudian, secara samar-samar tubuh hiu paus terlihat di dalam air.

Halaman
123
Penulis: Andi Asmadi
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved