Tribun Metro

Normalisasi, Sungai Way Batanghari Kota Metro Akan Dikeruk

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan mencari solusi penganggaran normalisasi Way Batanghari untuk mengatasi banjir di Bumi Sai Wawai.

Normalisasi, Sungai Way Batanghari Kota Metro Akan Dikeruk
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
PENINJAUAN - Rombongan Pemkot Metro yang dipimpin Wali Kota A Pairin saat meninjau aliran air di Iringmulyo, Selasa (4/2). 

Normalisasi, Sungai Way Batanghari Kota Metro Akan Dikeruk

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan mencari solusi penganggaran normalisasi Way Batanghari untuk mengatasi banjir di Bumi Sai Wawai.

"Kita sudah difasilitasi Gubernur Lampung. Jadi Pemkot telah menjalin komunikasi dengan Balai Besar Air Provinsi Lampung. Solusinya pengerukan Sungai Way Batanghari," ujar Wali Kota Achmad Pairin saat meninjau aliran air di Iringmulyo, Selasa (4/2).

Atasi Banjir di Hadimulyo Barat Metro, Anak Sungai Way Bunut Akan Dinormalisasi

Dijelaskannya, Balai Besar Air telah menyatakan siap membantu dengan meminjamkan alat berat untuk Kota Metro dalam melakukan normalisasi. Upaya itu dilakukan agar aliran sungai dapat lancar sehingga tidak terjadi banjir.

Karenanya, Pemkot Metro akan mencari solusi khususnya dalam penganggaran normalisasi. "Kita sudah dipinjamkan alatnya, tapi untuk operasional itu menjadi beban daerah. Nah, kemarin kita belum plot dalam APBD," bebernya.

Pairin mengaku, pihaknya tengah melakukan penghitungan dengan dana yang ada. Serta berkonsultasi agar anggaran yang ada bisa digunakan untuk melakukan normalisasi banjir di beberapa titik anak sungai.

Selanjutnya, Pemkot juga akan mengatasi masalah saluran drainase. Serta berkomunikasi dengan masyarakat untuk mencari cara agar saluran air tidak berkelok-kelok. Sehingga air bisa mengalir dengan maksimal.

"Nanti kami akan ajak berunding, siapa tahu mereka (warga) mau mengiklaskan. Sehingga aliran air ini tidak berliku-liku dan air bisa langsung mengalir," tuntasnya.

Atasi Banjir, DPRD Metro Dukung Normalisasi Sungai Way Bunut

Terkait normalisasi, sebelumnya Kepala Bappeda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengatakan, pemkot akan melakukan pengangkatan lumpur anak sungai Way Bunut

Halaman
12
Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved