Tribun Lampung Tengah

Bawaslu Lampung Tengah Temukan Satu Calon PPK Diduga Mantan Caleg

Bawaslu mendapatkan temuan salah seorang calon PPK yang sudah masuk 10 besar, merupakan angggota salah satu partai dan mantan caleg

Bawaslu Lampung Tengah Temukan Satu Calon PPK Diduga Mantan Caleg
Dokumentasi KPU Lampung
ILUSTRASI - Cek Kesiapan Tes PPK, KPU Lampung Monitoring ke-8 Kabupaten/Kota 

Bawaslu Lampung Tengah Temukan Satu Calon PPK Diduga Mantan Caleg

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNGSUGIH  - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Tengah harapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat selektif dalam proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pasalnya, Bawaslu mendapatkan temuan salah seorang calon PPK yang sudah masuk 10 besar, merupakan angggota salah satu partai dan mantan calon legislatif (caleg) pada Pileg 2019 lalu.

Untuk itu, Bawaslu Lamteng melalui Edwin Nur selaku komisioner Bawaslu menjelaskan, pihaknya telah melakukan rekomendasi kepada KPU terkait temuan tersebut.

"Kita sudah memberikan rekomendasi kepada KPU (Lamteng) terkait adanya indikasi seorang peserta calon anggota PPK yang pernah menjadi Caleg pada 2019 yang lalu," kata Edwin Nur, Selasa (11/2).

Bawaslu Pesawaran Indikasikan 9 Calon PPK Terafiliasi Partai Politik, Ini Klarifikasi KPU

Edwin berharap proses rekrutmen calon anggota PPK ini berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga bisa melahirkan anggota PPK yang berintegritas.

"Kami pinta KPU setempat untuk lebih teliti dalam tes wawancara, menelusuri rekam jejak setiap calon PPK, sehingga dari hasil seleksi bisa melahirkan anggota PPK yang memiliki integritas," ungkap Edwin.

Ia menerangkan, sebelumnya Bawaslu Lampung Tengah juga telah memberikan surat rekomendasi kepada KPU setempat, terkait temuan lainnya selama rekrutmen PPK

"Temuan kita juga ada sebanyak 21 calon anggota PPK yang terindikasi sebagai anggota partai politik, serta 1 calon yang sudah dua periode menjadi anggota PPK setempat," pungkasnya.

Bawaslu Bandar Lampung Ingatkan Larangan Pasang Atribut Kampanye di Tempat Ibadah

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Lamteng Siti Marpuah menerangkan, pihaknya telah menindaklanjuti temuan Bawaslu tersebut.

"Ya benar (ada peserta seleksi PPK) ada yang pernah sebagai caleg (Pileg Lamteng). Hal itu sudah kita tindaklanjuti, dan memang yang bersangkutan masuk 10 besar (penerimaan)," ujar Siti Marpuah.

Namun begitu lanjutnya, calon yang bersangkutan langsung didiskulaifikasi karena terbukti sebagai anggota partai politik dan pernah sebagai caleg.

"Kita kan masih mendengar tanggapan masyarakat hingga 13 Februari mendatang. Selama tahapan itu kita sudah mendapat rekomendasi dari Bawaslu dan yang bersangkutan kita lakukan diskulaifikasi," terangnya.

Sementara untuk pengumuman seleksi calon anggota PPK Lamteng, akan diumumkan pada 15 hingga 23 Februari mendatang.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved