Tribun Lampung Selatan

Sempat Tertahan, Ribuan Warga yang Hendak Pulang Kampung ke Jawa Akhirnya Bisa Menyeberang

Lebih dari 2.000 warga yang hendak pulang ke kampung halaman mereka di pulau Jawa telah diseberangkan ke pelabuhan Merak, Banten.

Tribunlampung.co.id/Dedi
Ratusan warga yang hendak pulang ke Jawa sedang menunggu dilakukan test kesehatan untuk izin bisa menyeberang ke pelabuhan Merak pada selasa (19/5/2020) malam. Sempat Tertahan, Ribuan Warga yang Hendak Pulang Kampung ke Jawa Akhirnya Bisa Menyeberang 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Ribuan warga yang hendak pulang ke kampung halaman mereka di pulau Jawa yang sempat tertahan di pelabuhan Bakauheni, akhirnya dapat menyeberang ke pelabuhan Merak, Banten.

Setidaknya dari data manifest angkutan PT ASDP cabang Bakauheni pada dua hari terakhir (selasa dan rabu kemarin) lebih dari 2.000 warga yang hendak pulang ke kampung halaman mereka di pulau Jawa telah diseberangkan ke pelabuhan Merak, Banten.

Para penumpang yang diseberangkan ini merupakan para pekerja di berbagai perusahaan dan proyek yang ada di beberapa Provinsi di Sumatera.

Mereka tidak lagi bekerja (terkena PHK) akibat dampak dari pandemi covid-19.

Para warga yang hendak pulang ke kampung halaman mereka di pulau Jawa ini, sebelumnya sempat tertahan beberaha hari di pelabuhan Bakauheni.

Ratusan Warga yang Hendak Pulang Kampung ke Jawa Masih Tertahan di Pelabuhan Bakauheni

Kena Larangan Mudik, Ratusan Warga yang Akan Pulang Kampung Tertahan di Pelabuhan Bakauheni

Pemkot Metro Imbau Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

BREAKING NEWS Si Jago Merah Hanguskan Toko Spare Part dan Bengkel Motor di Pringsewu

“Pada prinsipnya untuk ASDP, kalau penumpang telah mendapatkan izin atau rekomendasi dari gugus tugas di cek poin pelabuhan untuk menyeberang. Kita akan seberangkan,” ujar Humas PT ASDP cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap kepada Tribunlampung.co.id, Kamis (21/5/2020).

Dirinya menegaskan, ASDP tidak memiliki kewenangan untuk memberikan izin atau melarang warga yang hendak pulang ke kampung halaman mereka di pulau Jawa ini untuk menyeberang.

Tetapi sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik dalam rangka pengendalian penyebaran pandemi covid-19 yang diikuti adanya pembatasan untuk penyeberangan penumpang orang, kendaraan pribadi dan bus.

“Untuk warga yang diperbolehkan menyeberang ini, harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti telah melakukan test kesehatan dan juga sudah didata oleh gugus tugas di cek poin pelabuhan,” ujar Saiful.

Halaman
123
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved