Breaking News:

Lampung Barat

Sudin-Parosil Mabsus Bahas Konflik Gajah Liar di Lampung Barat

Pembahasan tersebut dilakukan Sudin dalam kunjungan kerjanya ke Sekolah Kopi di Pekon Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat, Jumat (17/9/202

Dok Diskominfo Lampung Barat
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyerahkan bantuan berupa peralatan patroli kepada Satgas Penanggulangan Konflik Gajah Liar Kecamatan Suoh dan BNS Lampung Selatan kunker Ketua Komisi IV DPR RI Sudin di Sekolah Kopi Pekon Suka Jaya, Sumber Jaya, Lampung Barat, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin membahas konflik gajah liar bersama Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Pembahasan tersebut dilakukan Sudin dalam kunjungan kerjanya ke Sekolah Kopi di Pekon Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat, Jumat (17/9/2021).

Kunker tersebut merupakan tindak lanjut dari permohonan Pemkab Lampung Barat agar pemerintah pusat ikut membantu penyelesaian konflik gajah liar yang terjadi di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) yang telah berlangsung dari tahun ke tahun.

Sebelumnya, kehadiran Sudin di Lampung Barat itu sempat disinggung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus saat menggelar rapat koordinasi dengan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait penanganan konflik gajah liar, Selasa (14/9/2021) lalu.

Baca juga: Taman Gajah Enggal Ditutup, Satgas Covid-19 Belum Izinkan Wahana Permainan Anak Beroperasi

"Konflik antara masyarakat Suoh dan BNS dengan gajah liar yang telah terjadi bertahun-tahun, selama ini tidak ada penanganan yang permanen," terang Parosil, Jumat (17/9/2021).

"Sehingga hewan dilindungi tersebut kini menjadi teror bagi masyarakat setempat," imbuhnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Parosil menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda setempat.

Hal tersebut lantaran permasalahan konflik gajah liar diakuinya sebagai permasalahan lintas sektor.

"Kami telah berkoordinasi juga dengan Gubernur Lampung dan instansi terkait yang ada di provinsi guna menangani konflik gajah liar itu," jelas Parosil.

Baca juga: Giat Buku Terima Donasi Buku, Rutin Gelar Lapak di Taman Gajah dan Unila

Hal tersebut tertera di Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/459/V.23/HK/2017 tentang pembentukan tim koordinasi penanggulangan konflik antara manusia dan satwa liar Provinsi Lampung.

Di samping itu, Parosil mengaku, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) supaya permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara komprehensif.

Sebagai tindak lanjut penanganan konflik gajah tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin akan menggelar rapat dengan Kepala Balai Besar TNBBS Provinsi Lampung, Rabu (22/9/2021) mendatang.

Seusai kegiatan, Parosil menyerahkan bantuan berupa peralatan patroli kepada Satgas Penanggulangan Konflik Gajah Liar di kedua kecamatan tersebut guna menghalau gajah liar agar tidak masuk ke permukiman warga.

( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved