Breaking News:

Tanggamus

Belum Serahkan Laporan, Pencairan BLT-DD Empat Pekon di Tanggamus Ditunda

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanggamus (PMD) menyatakan sebagian besar pekon telah menyalurkan bantuan langsung tunai

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
Edunews.id
Dana Desa 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanggamus (PMD) menyatakan sebagian besar pekon telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa.

Menurut Syaifuddin Kabid Pembangunan dan Kelembagaan Pekon, dari 299 pekon yang ada di kabupaten ini sudah 295 menyalurkan BLT-DD sampai bulan Oktober. 

"Dari 299 pekon hanya tinggal empat pekon lagi yang belum menyalurkan BLT-DD. Harapannya keempat pekon bisa segera menyalurkan BLT-DD," terang Syaifuddin. 

Baca juga: Kejari Pringsewu Dampingi Penyaluran BLT DD Rp 48,8 Miliar

Ia menambahkan, keempat pekon tersebut belum mencairkan BLT-DD karena belum menyerahkan laporan penyaluran BLT untuk bulan Juni, Juli, Agustus. 

Selama laporan tiga bulan tersebut belum diserahkan maka BLT belum bisa dicairkan. Sebab persyaratan pencairan BLT adalah laporan dari pencairan bulan sebelumnya. 

Dan untuk Tanggmus sudah lebih baik, sebab hanya tinggal empat pekon saja yang belum diizinkan pencairan BLT-DD untuk bulan September dan Oktober. 

"Kami memang mendisiplinkan pekon agar segera dan rutin menyerahkan laporan realisasi BLT dalam tahun ini. Sebab itu hal masyarakat untuk membantu menghadapi pandemi Covid-19," terang Syaifuddin. 

Ia mengaku, tidak ingin kejadian seperti tahun lalu dengan banyak tersendatnya BLT akibat realisasi laporan yang tidak diserahkan. Kemudian juga sebagian besar Dana Desa tahun ini masih diprioritaskan untuk BLT. 

Lantas untuk pencairan BLT-DD bulan November dan Desember, sementara ini belum diketahui jadwalnya. Sebab pencairan Dana Desa tahap III belum dilakukan. 

Syaifuddin mengaku, untuk pencarian Dana Desa, sebagian besar pekon juga telah menerimanya. Untuk pencairan Dana Desa tahap I, seluruh pekon sudah menerimanya

"Untuk pencairan Dana Desa tahap II, ada 295 pekon sudah menerimanya, tinggal empat pekon lagi yang belum. Hal itu juga salah satunya terkait laporan realisasi BLT-DD," terang Syaifuddin.

Ia pun berharap agar sampai akhir tahun nanti 299 pekon telah menerima Dana Desa demi pembangunan, operasional dan bantuan di masing-masing pekon. ( Tribunlampung.co.id / tri yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved