Breaking News:

Kota Metro

Hanya 29 Kasus, Jumlah DBD di Kota Metro Lampung Menurun Drastis 

meski terjadi penurunan kasus, bukan berarti tidak ada serangan nyamuk DBD di Kota Metro. Namun, karena gejalanya menyerupai kasus terpapar Covid-19,

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
shutterstock
Ilustrasi 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kasus DBD tahun ini di Kota Kota Metro mengalami penurunan drastis dibanding tahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Metro Redho Akbar mengatakan, dari Januari hingga 5 November 2021 terdata hanya 29 kasus DBD. Sementara tahun lalu tercatat sebanyak 148 kasus. 

Ia mengaku, meski terjadi penurunan kasus, bukan berarti tidak ada serangan nyamuk DBD di Kota Metro. Namun, karena gejalanya menyerupai kasus terpapar Covid-19, laporan dari Puskesmas dan rumah sakit sedikit. 

"Ada kemungkinan warga tidak melapor ke puskesmas terdekat karena takut dikira positif Covid-19. Tapi, kita juga tetap lakukan monitor. Hasil monitoring tim, tidak ada yang kasus yang terjadi," ungkapnya. 

Baca juga: Kasus DBD Lampung Selatan Meningkat 2 Bulan Terakhir, Dinas Kesehatan: Pengaruh Musim

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat tidak terlena dengan penurunan kasus dan tetap harus waspada pada musim hujan.

"Fogging sudah ada, pelaksanaannya dari Puskesmas. Jika ada kasus puskesmas akan fogging. Kader-kader jumantik di tiap kelurahan juga sudah ada dan berjalan, terlebih cuaca saat ini memasuki musim penghujan," tukasnya.

Sementara terkait pemberian obat abate tetap diberikan gratis. Abate ada tiga jenis. Serbuk, tablet, dan berbentuk cair. "Kita punya ketiganya. Yang terbaru itu tablet. Abate tablet sifatnya effervescent yang akan mudah larut. Satu tablet itu untuk 20 liter air," imbuhnya. 

Redho menambahkan, masyarakat tetap harus meningkatkan kewaspadaan dan menjalani pola hidup sehat. "Dan kalau ada gejala, jangan sampai terlambat penanganannya. Karena bisa menyebabkan kematian jika terlambat penanganan," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved