Breaking News:

Pringsewu

Kepala Pekon di Pringsewu Lampung Diminta Giat Tarik PBB 

Inspektorat Kabupaten Pringsewu melakukan pendekatan persuasif kepada pekon yang realisasi Pajak Bumi Bangunan sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2)

Tribunlampung.co.id / Robertus Didik B C
Kepala Inspektorat Pringsewu Andi Purwanto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Inspektorat Kabupaten Pringsewu melakukan pendekatan persuasif kepada pekon yang realisasi Pajak Bumi Bangunan sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) di Kabupaten Pringsewu belum baik 

Kepala Inspektorat Pringsewu Andi Purwanto mengatakan, pihaknya secara persuasif melakukan pendekatan ke pekon. 
"Agar kepala pekon menggalakkan penarikan PBB," ungkap Andi, Selasa, 14 Desember 2021.

Menurut dia, jalur Inspektorat dalam capaian realisasi PBB ini lebih kepada aparatur pekonnya. Sebagaimana tugas dari Inspektorat pengawasan.

"Secara persuasif kita meminta kepala pekon untuk menggiatkan penarikan PBB," tukasnya.

Ketika dalam pendekatan persuasif tersebut tidak juga mebuahkan hasil signifikan, Andi mengaku akan mempelajari terlebih dahulu ketentuannya. Mengingat dalam PBB ini memang ada kenaikan terkait dengan penyesuaian NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). 

Dengan demikian, pihaknya tetap mengingatkan untuk menggalakkan penarikan PBB di masing-masing pekon.

Pendapatan Pemerintah Kabupaten Pringsewu dari sektor PBB P2 baru tercapai 69,96 persen atau Rp 9 miliar dari target Rp 12,9 miliar. Data tersebut yang tercatat pada 30 November 2021.

Kepala Bidang Pendapatan Badan Pendapatan Pringsewu Ali Alhamidi mengungkapkan adanya 30 pekon di Kabupaten Pringsewu yang capaian realisasi PBB P2-nya masih rendah.

Baca juga: Bapenda Pringsewu Lampung Pesimistis Realisasi Pajak Air Tanah Tercapai 100 Persen

Rendah yang dimaksud berada di bawah 50 persen dari target realisasi. Menurutnya, itu yang terdata dari update data realisasi 9 Desember 2021.

Menurut dia, pekon yang realisasi PBB-P2 nya rendah tersebut paling banyak di Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Pagelaran.

"Masing-masing ada tujuh pekon dengan realisasi di bawah 50 persen," ujar Ali mewakili Kabapenda Waskito.

Kemudian Kecamatan Pagelaran Utara ada lima pekon dan Kecamatan Pardasuka empat pekon.( Tribunlampung.co.id / Robertus Didik Budiawan Cahyono )


 

--

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved