Breaking News:

Lampung Utara

444.435 Jiwa Terdaftar dalam DPT Lampung Utara per Desember

Per Desember 2021 jumlah pemilih tetap (DPT) di kabupaten Lampung Utara (Lampura) berjumlah 444.435 jiwa.

Penulis: anung bayuardi | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi KPU Lampura
Per Desember 2021 jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten Lampung Utara (Lampura) berjumlah 444.435 jiwa. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Per Desember 2021 jumlah pemilih tetap (DPT) di kabupaten Lampung Utara (Lampura) berjumlah 444.435 jiwa.

Hal ini terungkap saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampura menggelar rapat koordinasi (rakor) pemutahiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) triwulan IV bersama stakeholder  di aula kantor KPU setempat, Senin (27/12/2021)

Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria didampingi para Komisioner KPU lainnya (Yansen Atik, Yudi Saputra, Tedi Yunada dan Mad Akhir) dalam rakor itu menyampaikan, sejak tahun 2020 yang lalu, KPU berkewajiban untuk melakukan PDPB secara terus menerus berdasarkan surat edaran dari KPU-RI nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021.

”Meski belum memasuki tahapan kita selalu melakukan pemutahiran di setiap bulannya secara internal dan pertriwulan bersama pihak eksternal (stakeholder), dan rakor bersama KPU Provinsi dilakukan persemester,” papar Izal.

Kerja-kerja demokrasi seperti PDPB, lanjut dia, tidak serta merta menjadi tupoksi bagi penyelenggara pemilu saja akan tetapi menjadi tugas seluruh eleman bangsa yang saling support untuk sukses dan lancarnya pesta-pesta demokrasi baik itu pemilu maupun pemilihan.

”Kita meminta dukungan kepada seluruh stakeholder baik itu dari Disdukcapil, TNI/Polri, Kesbangpol wabil khusus partai politik yang ada. Kita minta peran aktifnya dalam pemutahiran data pemilih,” imbaunya.

Ditempat yang sama, Anggota KPU bidang data dan informasi, Yansen Atik, mengatakan, daftar pemilih merupakan item penting dalam mekanisme berdemokrasi melalui pemilu dan pemilihan.

Karena itu pihak penyelenggara pemilu berkewajiban memaksimalkan ikhtiarnya dalam menjaga dan memvalidkan data pemilih. 

“Karena DPT itu vital makanya jauh-jauh hari kita sudah terus menerus melakukan update data atau pemutahiran data pemilih,” ujarnya.

Bentuk keseriusan KPU dalam program PDPB, sambungnya, KPU Provinsi telah membuat aplikasi chek data KPU Lampung yang bisa diinstal melalui playstore di android.

Hadir dalam kesempatan itu, Komisioner Bawaslu Lampura, Kepala Disdukcapil, Perwakilan Kodim 0412, Polres Lampura, Kesbangpol dan perwakilan partai politik yang ada.

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved