UMKM Lampung

Kuliner Lampung, Ratu Luwak Sajikan Kopi dengan Cita Rasa Bangsawan

Ratu Luwak adalah usaha lokal di Lampung Barat yang menjadi produsen kopi luwak asli dan menyajikan kopi dengan cita rasa bangsawan.

Penulis: Bobby Zoel Saputra | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Bobby Zoel Saputra
Produk kopi luwak robusta dan arabica serta produk-produk varian lainnya dari Ratu Luwak. Kuliner Lampung, Ratu Luwak sajikan kopi dengan cita rasa bangsawan. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Barat - Kuliner Lampung, Provinsi Lampung tepatnya di Lampung Barat, siapa yang tidak tahu dengan produsen kopi luwak yang bernama Ratu Luwak.

Ratu Luwak adalah usaha lokal di Lampung Barat yang menjadi produsen kopi luwak asli dan menyajikan kopi dengan cita rasa bangsawan.

Ratu Luwak memproduksi kopi robusta dan kopi arabica yang dihasilkan langsung dari perut luwak.

Pemilik Ratu Luwak Sapri (56) mengatakan usaha yang ia rintis dari tahun 2008 ini merupakan hasil dari jerih payah dan riset yang dilakukan selama Ia melanglang buana.

Awal ketertarikan Sapri untuk membuka usaha Ratu Luwak ini adalah karena di awal tahun 2007 ada seorang teman yang memberitahunya terkait kopi luwak yang sedang ramai.

Baca juga: Kuliner Lampung, Bakso Psikopat Metro Sajikan Konsep Prasmanan

Baca juga: Kuliner Lampung, Kedai Gestore di Metro Jual Jajanan Khas Korea

“Dulu jaman saya masih berkebun itu ada temen bilang kalau kopi luwak itu laku, harganya bisa laku Rp 700.000 per kilo dalam bentuk pcs,” kata Sapri saat ditemui di rumahnya, Kamis (21/07/2022).

“Nah akhirnya saya terus mengamati sambil berpikir kenapa kotoran luwak bisa laku,” tuturnya.

“Disamping itu juga saya sambil berbuat, dan alhamdulillah akhirnya memang ada pasarnya buat kopi luwak ini,” ucapnya.

Ratu Luwak berlokasi di Gg. Pekonan No. 98 Jl. Radin Inten, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Liwa, Lampung Barat.

Sapri memberikan nama usahanya Ratu Luwak merupakan inspirasi dari nama anak perempuannya yang bernama Zahratu Ayu Rahmanita.

“Anak saya yang cewek ini kebetulan juga suka sama semua hewan, sampai kalo ngeliat hewan sakit pasti dia rawat,” kata Sapri.

“Karena ucapan adalah doa, untuk mendoakan usaha saya untuk berkembang sekaligus mendoakan anak saya juga sukses,” ucapnya.

“Ya alhamdulillah akhirnya kita ambil Ratunya, ditambahin sama kata luwak dan jadilah Ratu Luwak,” tuturnya.

Selain memproduksi kopi robusta dan kopi arabica luwak, Ratu Luwak juga memproduksi berbagai produk-produk varian lain.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved