UIN Raden Intan

Pemprov Lampung Berupaya Perjuangkan Gelar Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah

Pemprov Lampung Berupaya Perjuangkan Gelar Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah

Tribunlampung.co.id/Sulis Setia Markhamah
Buku tentang biografi perjuangan KH Ahmad Hanafiah ditampilkan dalam seminar nasional Perjuangan KH Ahmad Hanafiah di Ballroom UIN Raden Intan Lampung. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Kabupaten Lampung Timur dan UIN Raden Intan Lampung akan meneruskan perjuangan untuk gelar pahlawan nasional KH Ahmad Hanafiah.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang akrab disapa Nunik mengatakan, inisiasi pemberian gelar pahlawan nasional KH Ahmad Hanafiah sudah didorong Pemkab Lampung Timur sejak masa kepemimpinannya. 

"Perjalanannya sudah lama, dari jaman saya masih Bupati Lampung Timur kemudian dilanjutkan oleh Pak Dawam (bupati menjabat saat ini)," beber Nunik di Ballroom UIN Raden Intan Lampung, Rabu (27/7/2022).

Meskipun ada banyak tokoh atau pahlawan yang lain selain KH Ahmad Hanafiah, namun menurutnya gelar pahlawan nasional KH Ahmad Hanafiah harus dikawal sampai jadi.

"Ini harus kita kawal sampai berhasil. Lampung punya peran yang signifikan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan," kata Nunik.

"Tokohnya bukan hanya Raden Intan II yang sudah menjadi pahlawan nasional, tetapi ada juga ini tambahan lagi yang sedang kami perjuangkan. Akan diupayakan semaksimal mungkin," sambung dia.

Bupati Lampung Timur (Lamtim) Dawam Rahardjo mengungkapkan jika KH Ahmad Hanafiah asli putra daerah asal Sukadana, Lampung Timur kelahiran tahun 1905.

"Merupakan pejuang yang gugur sebagai putra bangsa. Pejuang kemerdekaan NKRI di tahun 1947 sampai 1949 melawan agresi Belanda di perbatasan Lampung-Palembang," jelas Dawam.

Menurutnya KH Ahmad Hanafiah sangat pantas dianugerahi gelar pahlawan nasional.

"Karena beliau telah gugur sebagai syahid di medan pertempuran dalam mempertahankan dan membela bangsa," kata dia.

KH Ahmad Hanafiah juga merupakan tokoh intelektual Islam yang aktif dan berpengaruh dalam upaya meningkatkan martabat bangsa melalui pendidikan dan dakwah Islam.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena beliau adalah tokoh pejuang inspiratif dari Lampung Timur yang punya peran besar dalam mempertahankan kemerdekaan," paparnya.

Dia berharap sosok KH Ahmad Hanafiah bisa menjadi teladan bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat nasionalisme.

UIN Raden Lampung dalam hal ini juga mendukung dan mendorong upaya penyematan gelar pahlawan nasional bagi KH Ahmad Hanafiah, termasuk melalui gelaran seminar nasional bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved