Kecantikan

Atasi Kulit Wajah Kusam dan Berjerawat dengan Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah seperti kusam, berjerawat, dan sebagainya.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: teguh_prasetyo
tribunlampung/jelita dini
dr Carmelita Christina dari Limonia Beauty Center jadi bintang tamu di Bincang Kecantikan Tribun Lampung, Senin (22/8/2022). 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Idealnya kulit akan mengalami siklus pergantian kulit, dari sel kulit mati menjadi sel kulit baru, yang membuat kulit lebih sehat dan cerah, serta warna kulit lebih merata.

dr Carmelita Christina dari Limonia Beauty Center mengatakan, namun ada orang-orang yang pergantian kulit melambat karena faktor usia, serta faktor lain seperti hormon dan stres.

Pergantian sel kulit yang melambat itu menyebabkan sel kulit mati menumpuk yang berakibat menimbulkan berbagai permasalahan kulit seperti kusam, berjerawat, dan sebagainya.

Untuk membantu pergantian sel kulit agar lebih cepat dan sel kulit mati tidak semakin menumpuk, maka perlu dilakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi adalah treatment yang membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga sehingga sel kulit baru bisa tumbuh.

Baca juga: Apa Itu Eksfoliasi dan Manfaatnya Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Adapun eksfoliasi dibagi menjadi dua yakni mechanical exfoliation, yakni eksfoliasi dengan menggunakan gerakan mekanis seperti scrub. 

"Kalau di klinik kecantikan, mechanical exfoliationnya dengan melakukan mikrodermabrasi," kata dr Carmelita dalam Bincang Kecantikan, Senin 22 Agustus 2022.

Kemudian ada chemical exfoliation yakni eksfoliasi dengan menggunakan cairan kimia seperti skincare yang kadarnya aman dan bisa dilakukan di rumah.

Namun jangan asal pilih skincare, pilih skincare yang kandungannya sesuai dengan jenis kulit, apakah kering, berminyak, normal, atau sensitif.

Kalau di klinik kecantikan, chemical exfoliation dengan chemical peeling yakni mengoleskan cairan tertentu dengan konsentrasi tertentu yang dilakukan oleh dokter.

Eksfoliasi yang sudah disebutkan itu, adalah eksfoliasi untuk wajah.

Tapi jangan lupa, kalau kulit tubuh juga butuh eksfoliasi, bisa dengan menggunakan lulur atau scrub. 

Kalau di klinik kecantikan, ada treatment eksfoliasi berupa body peeling, dan ada mirkrobiopeel untuk eksfoliasi diarea tubuh yang sensitif.

Baca juga: Kenali 2 Metode Eksfoliasi, Angkat Kulit Mati yang Bisa Hilangkan Kusam dan Hasilkan Wajah Cemerlang

Eksfoliasi harus dilakukan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif 

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved