Berita Lampung

Pemprov Lampung Pastikan GOR Saburai Lampung Diganti Masjid Raya

Pemprov Lampung memastikan rencana menggantikan GOR Saburai menjadi sebuah masjid raya tetap berlanjut.

Tribunlampung.co.id / V Soma Ferrer
Sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat mengikuti sosialisasi rencana pembangunan Masjid Raya Provinsi Lampung pada Kamis (17/11/2022) kemarin. Pemprov Lampung Pastikan GOR Saburai Lampung Diganti Masjid Raya  

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Pemprov Lampung memastikan rencana menggantikan GOR Saburai menjadi sebuah masjid raya tetap berlanjut.

Berlanjutnya rencana penggantian GOR Saburai menjadi masjid raya tersebut ditegaskan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat diwawancara, Jumat (18/11/2022).

Arinal menyatakan, fungsi lahan dari GOR Saburai saat ini sudah tidak lagi efektif untuk dijadikan kawasan olahraga.

Hal itu terlihat dari sudah tidak adanya aktivitas olahraga di sana.

"Justru, kawasan yang tersebut sudah kerap kali dijadikan tempat untuk perbuatan penyimpangan sosial saat malam hari," kata dia.

Menurutnya, penyimpangan sosial yang terjadi di lokasi tersebut dikhawatirkan akan semakin meluas jika tidak ada langkah efektif dari pemerintah.

"Rencana pembangunan masjid raya itu sudah kita sosialisasikan kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Provinsi Lampung," ungkapnya.

"Sejauh ini para tokoh sepakat atas rencana itu," lanjut dia.

Selain dari para tokoh, dirinya menyebut telah ada pula rekomendasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Juga dukungan dari DPRD Provinsi Lampung atas rencana perubahan fungsi kawasan yang dulunya menjadi pusat olahraga di Lampung.

Kedua rekomendasi tersebut tertuang dalam Surat Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor B-HK.02/ 9.1.39/ MENPORA/IX/2022 Tanggal 1 September 2022 tentang Rekomendasi Peniadaan dan/atau Pengalihfungsian Gelanggang Olahraga Saburai. 

Serta DPRD Provinsi Lampung berdasarkan surat yang diterbitkan Ketua DPRD Nomor : 160/1409/III.01/2020 Hal : Rencana Pembangunan Masjid Raya Provinsi Lampung. 

Arinal menyebut, pembangunan masjid raya tersebut direncanakan akan dilakukan pada tahun 2023 nanti.

Lokasinya tepat menggantikan letak GOR Saburai Bandar Lampung.

Adapun luas masjid raya itu nantinya direncanakan seluas 2,3 hektar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved