Berita Lampung

Buruh Minta Pengusaha Sesuaikan Skema UMP Lampung Bagi yang Bekerja di Atas Satu Tahun

Pengusaha diminta melakukan penyesuaian skema upah minimum provinsi atau UMP Lampung kepada buruh yang bekerja lebih dari setahun.

Tribunlampung.co.id
Ilustrasi - Buruh minta pengusaha sesuaikan skema UMP Lampung bagi yang bekerja di atas satu tahun. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Pengusaha diminta melakukan penyesuaian skema upah minimum provinsi atau UMP Lampung kepada buruh yang bekerja lebih dari satu tahun.

Diketahui, Pemprov Lampung telah mengumumkan kenaikan upah minimum provinsi atau UMP Lampung 2023 sebesar Rp 2.633.284,59 atau naik Rp 192 ribu dari tahun sebelumnya sebesar Rp 2.440.486,18.

Penetapan UMP Lampung tersebut ditandatangani Arinal Djunaidi sesuai Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/720/V.08/HK/2022 tentang penetapan UMP Lampung 2023.

Penyesuaian skema upah buruh itu diminta juga disesuaikan dengan ketentuan upah minimum provinsi atau UMP Lampung terbaru.

Para buruh di Lampung mengaku, masih banyak buruh yang masih digaji sesuai dengan UMP pada tahun awal buruh itu bekerja.

Artinya, tidak ada penyesuaian skema upah buruh dengan masa kerja dan upah minimum terbaru.

Baca juga: Polisi Lakukan Penyelidikan Kasus Peluru Nyasar Mengenai Bayi di Bandar Lampung

Baca juga: Pengusaha dan Buruh Sama-sama Tolak Kenaikan UMP Lampung 2023

Akibatnya, upah yang didapat belum sesuai dengan kondisi terkini.

"Pekerja yang bekerja di atas 1 tahun, harus diberi penyesuaian skema upah yang sesuai antara masa kerja dengan upah minimum terbaru," kata Ketua Serikat Buruh Karya Utama-Konfederasi Serikat Nasional (FSBKU-KSN) Lampung Tri Susilo saat dihubungi, Selasa (6/12/2022).

Pengutaraan itu keluar dari para buruh, merespon telah adanya keputusan UMP Lampung tahun 2023 ialah sebesar Rp 2.633.284,59 per bulan.

Nilai UMP Lampung naik sebesar Rp 192.798,41 dari tahun sebelumnya.

"Saya pikir yang lebih menjadi polemik bukan hanya pengupahan butuh dengan masa kerja 0-1 tahun," ujar dia.

"Tapi penyesuaian skema upah terhadap butuh yang bekerja di atas satu tahun juga," lanjut dia.

Persekutuan buruh di Provinsi Lampung menyebut tidak sedikit jumlah buruh yang masih digaji masih di bawah ambang batas upah minimum.

Menurut para buruh, pemerintah daerah juga seharusnya menyoroti persoalan biruh-buruh dengan masa kerja di atas 1 tahun itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved