Kendala Pengusaha di Lampung Selatan Ajukan Izin Usaha via Online

Jumlah pengajuan perizinan usaha di Kabupaten Lampung Selatan sejak penerapan sistem pelayanan perizinan online OSS (online single submission)

Kendala Pengusaha di Lampung Selatan Ajukan Izin Usaha via Online
Lynda.com
Ilustrasi Perizinan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Jumlah pengajuan perizinan usaha di Kabupaten Lampung Selatan sejak penerapan sistem pelayanan perizinan online OSS (online single submission) Oktober 2018 lalu, ada sebanyak 5.181 permohonan.

Sistem perizinan online menggunakan OSS merupakan sistem perizinan terintegrasi untuk memberikan kemudahan kepada pelaku usaha/investor yang hendak mengajukan/membuat perizinan usahanya.

Kabid Perizinan DPMPPTSP Lampung Selatan, Pramudya Wardana mengatakan dengan sistem OSS saat ini pelaku usaha bisa mendaftar secara online.

Seluruh data akan masuk ke sistem OSS yang dikelola badan perizinan di pemerintah pusat.

“Sistem OSS ini merupakan perizinan terintegrasi. Kita hanya mengecek hasil dari validasi data yang disampaikan pemohon. Jika ada yang kurang, kita akan memberitahu pemohon untuk melengkapi,” kata dia kepada Tribunlampung.co.id, Senin (1/4/2019).

Dengan sistem OSS ini pemohon nantinya diberikan nomor induk berusaha (NIB).

Permudah Perizinan, DPMPTSP Lampura Akan Bikin Kopi Si Mantap

Dengan NIB ini pelaku usaha tidak lagi repot mengurus sejumlah perizinan seperti SIUP, TDP dan beberapa perizinan lainnya.

Pemohon bisa mengajukan permohonan langsung dari rumah secara online.

“Memang bagi yang terbiasa menggunakan internet dan bisa mengoperasikan komputer tidak ada kendala. Tapi bagi pelaku usaha kecil biasanya terkendala. Karenanya kita buka loket layanan untuk membantu pelaku usaha yang kesulitan mendaftar secara online ini,” ujar Pramudya.

Menurut dirinya, cukup banyak pelaku usaha yang datang untuk meminta bantuan dalam mendaftar perizinan usaha. Rata-rata setiap harinya, ujarnya, ada sekitar 4 pelaku usaha yang datang.

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved