Bisakah Kereta Bandara Terwujud di Lampung? Ini Kata Pemprov Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo terkait pengadaan moda transportasi kereta bandara

Bisakah Kereta Bandara Terwujud di Lampung? Ini Kata Pemprov Lampung
(KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA)
Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (7/3/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung terus bergerak untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo terkait pengadaan moda transportasi kereta bandara.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setprov Lampung Taufik Hidayat mengatakan, pada Jumat 16 Maret 2019 kemarin, Pemprov Lampung mengundang beberapa instansi terkait untuk menindaklanjuti instruksi Jokowi mengenai kereta bandara.

"Salah satu pembahasannya ya mengenai anggaran. Karena, kalau mengandalkan anggaran dari APBD (Lampung), sangat tidak mungkin. Kebutuhannya (pengadaan kereta bandara) cukup besar," kata Taufik, Minggu 17 Maret 2019 sore.

Meski demikian, Taufik mengaku, belum mengetahui secara pasti berapa anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan kereta bandara tersebut.

"Saya belum tahu persis kebutuhan anggarannya berapa. Tapi, APBD hanya bisa membantu pada porsi pendukungnya saja," ucap Taufik.

Selain membahas mengenai anggaran, mantan Kepala Bappeda Lampung tersebut menambahkan, pihaknya juga mulai membahas mengenai desain.

"Ya, kami juga mulai membahas desainnya. Sebenarnya DED (Detailed Engineering Design) sudah ada. Tinggal meneruskan saja," papar Taufik.

Taufik berharap, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan juga mendukung untuk memasukkan dalam APBN, baik di perubahan tahun ini atau di murni tahun depan.

Dishub Lampung Targetkan Pembebasan Lahan Jalur Kereta Bandara Selesai Akhir 2019

"Bisa dimasukkan di APBN tahun depan. Mungkin untuk tahun ini kajian-kajiannya saja yang bisa masuk ke APBN Perubahan. Karena Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) juga kan sudah melakukan tinjauan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Dirjen Perkeretaapian Sumbagsel, Sugiyanto mengaku belum bisa berbicara banyak terkait hal tersebut.

Halaman
123
Penulis: Noval Andriansyah
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved