Cerita Kikan Namara dan Komunitas Musisi Mengaji: Ajak Anak Muda Belajar Agama dengan Ceria

Di sebuah area terbuka yang diterangi cahaya lampion, sembari memainkan piano dan dengan diiringi gitar, Kikan menyanyikan lagu Koes Plus.

Cerita Kikan Namara dan Komunitas Musisi Mengaji: Ajak Anak Muda Belajar Agama dengan Ceria
TRIBUN LAMPUNG/ANDI ASMADI
JELANG PENTAS - Kikan Namara berpose di halaman kantor Tribun Lampung, Jumat (23/8/2019) sore, sebelum menuju ke lokasi pentas Lampung Krakatau Festival 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kikan Namara tak sedang menyanyikan lagu rock. Di sebuah area terbuka yang diterangi cahaya lampion, sembari memainkan piano dan diiringi gitar, dia menyanyikan lagu Koes Plus, "Andai Kau Datang Kembali".

Jangan salah, lagu itu dimaknai bukan tentang kisah asmara pasangan yang sedang berpisah. Melainkan tentang ajal yang kian dekat menjemput.

Jika ingin melihat Kikan dalam bentuk yang lain, yang benar-benar berbeda dari aksi panggungnya, datanglah ke pertemuan Komunitas Musisi Mengaji atau Komuji Chapter Jakarta. Setiap bulan, komunitas ini mengadakan pentas musik. Akan tetapi, kegiatan itu ternyata bukan sekadar bermusik. Itu adalah kajian agama.

Di situ ada ustaz yang membahas isu populer dengan cara penyajian yang tidak rumit. Ada musik dan lagu yang juga berbicara tentang kebaikan. Serta, tata panggung yang dibentuk dalam konsep yang sangat milenial. Peserta kajian juga kebanyakan anak muda: mereka yang baru lulus kuliah atau yang baru bekerja.

"Aku memang sedang merintis Komuji. Komunitas ini awalnya didirikan di Bandung oleh musisi di sana sekitar tujuh tahun lalu. Kemudian mereka mau buka chapter di Jakarta, lalu menawarkan ke saya. 'Kikan mau nggak'," cerita Kikan saat berkunjung ke kantor Tribun Lampung, Jumat (23/8/2019) sore.

Kikan yang mantan vokalis band Cokelat datang bersama manajer yang juga suaminya, Udzir Harris, dan tim lainnya. Ia menyempatkan menyambangi kantor Tribun Lampung sebelum tampil pada pentas Lampung Krakatau Festival di Lapangan Korem 043 Gatam, Saburai, Bandar Lampung, Jumat malam.

Kikan mulanya bercerita banyak tentang kegiatan bermusiknya. Pada penghujung pertemuan, ia mengungkap kegiatan lain yang mulai serius ia lakoni, yakni sebagai ketua Komuji Chapter Jakarta.

Kikan bercerita, ketika ditawari memimpin Komuji Jakarta, ia awalnya ragu.

"Aduh, bisa nggak saya memegang tanggung jawab ini di sela-sela kesibukan saya yang juga padat," begitu yang ia pikir.

Namun, setelah ikut kajian-kajian Komuji, Kikan akhirnya memutuskan untuk jalan terus.

Halaman
1234
Penulis: Resky Mertarega S
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved