Bisnis Kopi 2020 Masih Menguntungkan, Ini Varian Rasa Kopi yang Paling Disukai

Jumlah kedai kopi di Indonesia hingga Agutus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016.

Bisnis Kopi 2020 Masih Menguntungkan, Ini Varian Rasa Kopi yang Paling Disukai
Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Pemecahan Rekor MURI Wanita Terbanyak Minum Kopi di Indonesia, digelar di ajang Festival Kopi Lampung, belum lama ini. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mau buka bisnis kopi pada 2020? Jangan ragu. Hasil riset menunjukkan, bisnis kopi masih punya prospek bagus dan masih menjanjikan pada 2020.

Hasil riset Toffin menunjukkan, jumlah kedai kopi di Indonesia hingga Agutus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016, yang hanya 1.000 gerai.

Sedangkan, nilai pasar bisnis kedai kopi di Indonesia sendiri telah mencapai lebih dari Rp 4,8 triliun per tahun. Angka ini dihitung berdasarkan asumsi omzet masing-masing gerai mencapai 200 cup sehari dan harga kopi Rp 22.500.

Nilai ini semakin besar, karena angka yang disebutkan belum termasuk penjualan kopi di kedai tradisional dan kedai kopi keliling.

Untuk itu, bisnis kopi diperkirakan tak akan lesu di tahun 2020 mendatang. Bahkan untuk beberapa merek kedai kopi start up masih akan menargetkan untuk membuka kedai-kedai baru di tahun depan.

Kopi Waw Lampung Buka Peluang Bisnis Kopi dengan Rp 15 Juta

Presiden IMA Lampung Heri Andrian Ngobrol Kopi dengan Telkomsel, Tribun, Kopi Waw di Magna Coffee

“Sangat menjanjikan dan juga profitable, jadi yang membuat kopi-kopi kayak Fore, Kopi Kenangan, cukup agresif dan massive, itu karena mereka melihat tahun depan masih bagus,” ujar Ario Fajar, Head of Marketing Toffin saat ditemui di Pullman Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019).

Untuk rasa, tahun depan varian kopi susu gula aren masih akan disukai oleh penikmat kopi.

“Sepertinya gula aren yang masih akan menjadi top 3, sampai top 5 rasa yang paling disukai sama milenial. Kenapa? karena sangat friendly sekali di lidah, sangat lokal sekali,” ujar Ario lagi.

Bahkan titik jenuh dari kosumen kopi tak terlihat di tahun depan. “Kami belum melihat ada titik jenuh. Kopi bisa dikreasikan dengan banyak rasa. Dan juga kopi bisa di-mix and match dengan segala macam,” kata Ario.

Toffin juga meramalkan, bahwa pelaku bisnis masih akan bertumbuh, begitu juga konsumennya.

Halaman
12
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved