OTT KPK di Lampung Utara

Fee Proyek Rp 350 Juta untuk Bupati Agung Dititipkan ke Mertua Kadis PUPR

Dalam pertemuan itu terdakwa menyampaikan hitungan jumlah commitment fee yang akan diserahkan kepada Agung Ilmu Mangkunegara melalui Syahbudin.

Fee Proyek Rp 350 Juta untuk Bupati Agung Dititipkan ke Mertua Kadis PUPR
Tribun Lampung/Hanif Mustafa
Terdakwa Candra Safari (kemeja putih) menjalani sidang perkara dugaan suap proyek Lampung Utara di PN Tanjungkarang, Kamis (19/12/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Candra Safari sempat menitipkan uang setoran fee proyek Rp 350 juta kepada mertua Kadis PUPR Lampung Utara Syahbudin.

Uang tersebut merupakan setoran fee proyek untuk Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara

Jaksa KPK Taufiq Ibnugroho mengatakan, Candra baru mendapatkan dana pencairan proyek tahun anggaran 2018-2019 pada pertengahan September 2019.

"Terdakwa baru menerima pembayaran atas 13 paket proyek yang dimenangkan oleh terdakwa, yang terdiri atas delapan paket pekerjaan tahun anggaran 2017 dan lima paket pekerjaan tahun anggaran 2018 dengan cara ditransfer langsung ke rekening perusahaan milik terdakwa dan rekening perusahaan pinjaman," terang Taufiq dalam sidang perkara dugaan suap proyek Lampung Utara di PN Tanjungkarang, Kamis (19/12/2019).

Setelah menerima pembayaran 13 paket proyek, terdakwa kemudian menemui Syahbudin di rumahnya di Jalan Pahlawan, Kelurahan Surabaya, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung.

"Dalam pertemuan itu terdakwa menyampaikan hitungan jumlah commitment fee yang akan diserahkan kepada Agung Ilmu Mangkunegara melalui Syahbudin," kata Taufiq.

Dapat 11 Proyek, Candra Safari Harus Setor 30 Persen ke Bupati Agung

Sebelum Jadi Kadis PUPR, Syahbudin Diminta Bupati Siap Setor Fee 20-30 Persen

Syahbudin meminta terdakwa menyerahkan uang commitment fee sebesar Rp 500 juta.

Namun, terdakwa baru bisa menyanggupi sebesar Rp 350 juta.

"Pada hari Selasa tanggal 1 Oktober 2019 Syahbudin memerintahkan orang kepercayaannya Reza Giovanna Andhika di rumah terdakwa di Sukarame," kata jaksa.

Selanjutnya, uang Rp 350 juta diserahkan oleh istri terdakwa Susanti dalam plastik kepada Reza.

Halaman
123
Penulis: hanif mustafa
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved