Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

26 ASN di Lampung Diduga Tak Netral di Pilkada Serentak 2020, 2 ASN Tunggu Rekomendasi KASN

Bawaslu Lampung benarkan adanya teguran dari Mendagri terkait pelanggaran netralitas ASN di Lampung dalam tahapan Pilkada Serentak 2020.

Dokumentasi Fatikhatul Khoiriyah
Ilustrasi - Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah. 26 ASN di Lampung Diduga Tak Netral di Pilkada Serentak 2020, 2 ASN Tunggu Rekomendasi KASN. (Dokumentasi Fatikhatul Khoiriyah) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bawaslu Lampung benarkan adanya teguran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pelanggaran netralitas ASN di Lampung dalam tahapan Pilkada Serentak 2020.

Terdapat 26 ASN di Lampung yang diduga tidak netral dan direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Oktober 2020.

Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, dari 26 ASN yang direkomendasikan dikirim ke KASN, sebanyak 24 kasus sudah ditindaklanjuti KASN dan dikirim ke masing-masing instansi asalnya.

“Iya, rekomendasi masing-masing dari KASN sudah diberikan ke instansinya masing-masing, sanksinya ada etik ada moral," ujar Fatikhatul Khoiriyah, Minggu (1/11/2020).

Khoir menuturkan, seluruh Bawaslu kabupaten/kota agar tidak takut untuk memroses ASN yang diduga bersikap tidak netral.

Baca juga: Bawaslu Lampung Minta Paslon yang Lakukan Kampanye Tatap Muka Patuhi Protokol Kesehatan

Baca juga: Kabar Duka, Anggota DPRD Bandar Lampung Ahmad Riza Tutup Usia saat Bersepeda di Itera

Menurutnya, ASN bukan hanya sebatas PNS, akan tetapi juga meliputi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), serta tenaga honorer.

“Ya termasuk honorer, memang tidak dijelaskan sebagai ASN di UU nomor 5 tahun 2014."

"Tapi, di PP nomor 48 tahun 2015 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi PNS, penghasilan tenaga honorer ini berasal dari anggaran pemerintah, APBD atau APBN,” jelas Fatikhatul Khoiriyah.

Untuk itu, dia meminta, Bawaslu kabupaten/kota untuk lebih jeli, membuka mata dan telinga terkait antisipasi dan penindakan dugaan netralitas ASN, termasuk tenaga honorer pemerintah.

Halaman
12
Penulis: kiki adipratama
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved