Tragedi Arema di Kanjuruhan

11 Polisi Diduga Terlibat Penembakan Gas Air Mata dalam Tragedi Kanjuruhan

Ada 11 polisi yang diduga terlibat penembakan gas air mata dalam tragedi Kanjuruhan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beber kronologinya.

Editor: yoso muliawan
Tribunlampung.co.id / Deni Saputra
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Setidaknya 11 polisi disebut Jenderal Listyo Sigit Prabowo terlibat penembakan gas air mata dalam tragedi Kanjuruhan. 

Tribunlampung.co.id, Jakarta - Setidaknya 11 polisi diduga terlibat penembakan gas air mata dalam tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut 11 polisi itu diduga menembakkan gas air mata di Stadion Kanjuruhan yang berakhir dengan tragedi.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan munculnya nama 11 polisi yang diduga menembakkan gas air mata dalam tragedi Kanjuruhan itu berdasarkan hasil pendataan.

"Terdapat 11 personel yang menembakkan gas air mata ke tribun selatan sebanyak kurang lebih 7 tembakan, tribun utara 1 tembakan, dan ke lapangan 3 tembakan," beber Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Mapolres Malang Kota, Kamis (6/9/2022) malam.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan penembakan gas air mata itu lantaran banyaknya penonton yang masuk ke lapangan Stadion Kanjuruhan.

Baca juga: Kapolri Sebut 6 Tersangka Tragedi Arema di Kanjuruhan, Berikut Nama-namanya

Baca juga: Direktur PT LIB Tersangka Tragedi di Kanjuruhan, Kapolri: Tak Lakukan Verifikasi

Namun, ungkap dia, sebelum itu, anggota kepolisian sempat melakukan tindakan pencegahan untuk mengusir penonton di lapangan Stadion Kanjuruhan.

"Penonton semakin banyak turun ke lapangan, sehingga saat itu beberapa anggota (polisi) kemudian mulai melakukan kegiatan-kegiatan penggunaan kekuatan, seperti yang kita lihat ada yang menggunakan tameng, termasuk saat mengamankan kiper Arema FC," terang Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo melanjutkan, tembakan gas air mata itu membuat mata para penonton pedih hingga panik berlarian.

"Ini yang kemudian mengakibatkan para penonton terutama yang ada di tribun kemudian panik, merasa pedih, dan kemudian berusaha meninggalkan arena," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan tembakan gas air mata itu sejatinya untuk mencegah suporter semakin banyak masuk ke lapangan.

"Di satu sisi tembakan tersebut dilakukan dengan maksud untuk mencegah agar penonton yang turun ke lapangan bisa dicegah," ujarnya.

Daftar 6 Tersangka

Tim Investigasi Tragedi Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menetapkan 6 tersangka tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang, Kamis (6/10/2022) malam.

Baca juga: Bos Indomaret Tewas Ditabrak Truk Saat Sedang Bersepeda Bareng Istri

Baca juga: Kronologi Bos Indomaret Tewas Ditabrak Truk Saat Bersepeda, Alami Luka Parah

Sebanyak 6 tersangka tragedi Kanjuruhan itu mulai dari panitia pelaksana hingga anggota kepolisian.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved