Lampung Bangkit

Hantoni Hasan Ingin Libatkan Tokoh Pemerhati Budaya untuk Kembangkan Wisata Gastronomi di Lampung

Hantoni Hasan menuturkan, peran para tokoh itu penting lantaran bisa menjelaskan secara detail unsur budaya dan filosofi kuliner khas Lampung

Istimewa
Bakal Calon Gubernur Lampung Hantoni Hasan. Hantoni Hasan menilai perlu adanya saran dan masukan dari tokoh budaya untuk mengembangkan wisata gastronomi 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung- Bakal Calon Gubernur Lampung Hantoni Hasan menilai perlunya peran tokoh adat dan tokoh masyarakat, untuk mengembangkan wisata gastronomi di Lampung.

Hantoni Hasan menuturkan, peran para tokoh itu penting lantaran bisa menjelaskan secara detail unsur budaya dan filosofi, dari suatu kuliner khas Lampung yang menjadi warisan budaya leluhur.

Bukan hanya seruit, ada sederet penganan tradisional khas Lampung yang perlu di eksplor lantaran belum banyak diketahui masyarakat luar Lampung.

Sebut saja sagon, dodol Lampung, dan masih banyak lagi. Dari nama penganan tradisional khas Lampung itu, ada unsur budaya dan filosofinya.

Misalnya sagon atau dodol, biasanya dibuat ketika ada momen tertentu berdasarkan kebiasaan masyarakat tradisional Lampung.

Karenanya, Hantoni Hasan yang berniat maju pada kontestasi Pilgub Lampung 2024 itu menilai perlu adanya saran dan masukan dari tokoh tersebut.

Baca juga: Hantoni Hasan Menilai Wisata Gastronomi Perlu Dikolaborasikan dengan Kuliner Lampung

Baca juga: Beri Sumbangsih Legacy untuk Lampung, Hantoni Hasan: Jadilah Buah Tutur yang Baik di Masyarakat

“Secara detail memang perlu diperdalam lagi. Tapi paling tidak perlu diintregasikan semua potensi yang ada. Kita sering bicara koloborasi dan intregasi, kalau secara organisasi kita sudah punya infrastrukturnya,” tutur Hantoni Hasan, Selasa (22/11/2022) kemarin.

“Kita punya Lampung SAI, organisasi masyarakat Lampung. Beliau-beliau yang ada dalam organisasi ini (Lampung Sai) memang para tokoh adat dan tokoh masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang budaya yang ada di Lampung, termasuk suku lain selain Lampung,” sambung mantan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung Fraksi PKS ini.

Para tokoh itu, kata Hantoni, bisa saja difungsikan untuk mencetuskan ide apa saja yang pas untuk di jadikan wisata gastronomi, menyangkut makanan khas Lampung.

“Nah beliau-beliau para tokoh masyarakat dan pemerheti budaya inilah yang perlu dikoloborasikan dengan wisata gastronomi dan wisata kita,” ungkapnya.

Sebab menurut Hantoni, para tokoh dan pemerhati budaya itu adalah orang-orang yang mumpuni dan mengetahui asal usul dan filosofi budaya masyarakat tradisional Lampung khususnya menyangkut makanan atau kuliner.

“Nah ini lah yang menurut saya perlu dikoloborasikan, diserasikan dengan paket wisata di Lampung. Sehingga wisata gastronomi bisa terwujud. Ini (wisata gastronomi) memang harus di olah, harus disiapkan dulu secara matang, harus maping dulu,” imbuh pengusung tagline Lampung Bangkit ini.

Tak hanya itu, Hantoni Hasan juga menilai perlu juga disiapkan segala infrastruktur dan potensi yang dimiliki.

Konsep Wisata Gastronomi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved