Berita lampung

Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2022 Bergerak ke Arah Positif, Sekprov: Lebih Baik dari Nasional

Bahkan, capaian ini disebut lebih baik dari nasional yang sebesar 0,381 poin jika di banding Provinsi Lampung.

Istimewa
Sekprov Fahrizal Darminto memimpin apel gabungan perdana tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (09/01/2023). Pada apel yang berlangsung di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung itu Fahrizal capaian pembangunan di Provinsi Lampung tahun 2022 bergerak ke arah yang positif jika dilihat dari beberapa indikator. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung- Capaian pembangunan di Provinsi Lampung tahun 2022 bergerak ke arah yang positif jika dilihat dari beberapa indikator.

Bahkan, capaian ini disebut lebih baik dari nasional yang sebesar 0,381 poin jika di banding Provinsi Lampung.

Kabar positif terhadap capaian pembangunan di Provinsi Lampung tahun 2022 itu disampaikan langsung Sekretaris Daerah Provinsi ( Sekdaprov ) Lampung Fahrizal Darminto saat memimpin apel gabungan perdana tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (09/01/2023).

Pada Apel yang digelar di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung itu, Fahrizal Darminto menyatakan beberapa capaian indikator kinerja Pemerintah Provinsi Lampung selama tahun 2022.

Antara lain pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung yang terus mengalami peningkatan pada kuartal I, II dan III tahun 2022.

Di tahun itu, pertumbuhan ekonomi Lampung senantiasa bergerak kearah positif.

Baca juga: Pemprov Lampung Jadikan Tepian Jalan HM Ryacudu Kawasan Pedestrian Begini Kondisinya

Baca juga: Petani Penggarap Lahan Aset Pemprov Lampung Kembali Gelar Aksi Demonstrasi

Bahkan pernah mencatat angka pertumbuhan sebesar 9,12 persen (q to q) pada Triwulan II-2022, yang merupakan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

Fahrizal bahkan menyebut, Gini Rasio Provinsi Lampung Tahun 2022 sebesar 0,314 termasuk dalam kategori rendah.

“Capaian ini lebih baik dibandingkan nasional yang sebesar 0,381 poin. Ini menunjukan bahwa tingkat disparitas Provinsi Lampung terus menurun dan pemerataan pembangunan semakin baik,” ungkap Fahrizal dihadapan peserta apel.

Tak hanya itu, Fahrzal juga mengutarakan, hal yang menggembirakan juga bahwa meski perekonomian dunia sedang dalam kondisi yang kurang baik, namun inflasi di Provinsi Lampung masih terkendali.

Capaian indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Lampung Tahun 2022, mencapai 4,52 persen menurun 0,17 persen dibandingkan Tahun 2021 dan lebih baik dari TPT Nasional (5,86 persen).

Peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat dari 69,90 menjadi 70,45, angka kemiskinan menurun dari 11,67 persen menjadi 11,57 persen pada tahun 2022, serta penurunan indikator tingkat pengangguran terbuka dari 6,49 menjadi 5,86.

Juga neraca perdagangan yang semakin positif dan realisasi belanja APBD Pemerintah Provinsi Lampung pada Tahun Anggaran 2022 sebesar 6,752 Trilyun atau 95,01 persen, jauh berada diatas rata-rata Nasional sebesar 87,07 persen.

Fahrizal juga menambahkan capaian kinerja, apresiasi dan penghargaan yang diraih oleh Provinsi Lampung bukanlah sebuah kebetulan.

“Yang dimaksud dengan struktur program itu adalah bagaimana Gubernur merancang Program ditengah situasi covid-19, yakni menentukan berbagai prioritas ditengah keterbatasan anggaran,” papar Fahrizal.

Fahrizal juga menyebut jika Gubernur Lampung Arinal Djunaidi telah membangun struktur program dan struktur koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/kota, kalangan Akademisi perguruan tinggi, pengusaha dan masyarakat pada umumnya untuk membangun Lampung.

"Berbagai Prestasi yang dicapai Pemerintah Provinsi Lampung tersebut  bukan merupakan suatu kebetulan tetapi merupakan upaya sunguh-sungguh berdasarkan kebijakan yang telah direncanakan, jadi itu by design," ungkap Fahrizal. (*)

(Tribunlampung.co.id/rls)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved