Public Service

Masuk Rumah Tanpa Izin Pemiliknya Bisa Dipidana?

Apakah seorang petugas baik pemerintah dan swasta dapat kita tuntut secara hukum bila masuk rumah tanpa seizin pemiliknya

Masuk Rumah Tanpa Izin Pemiliknya Bisa Dipidana?
Istimewa
Gindha Ansori Wayka 

Masuk Rumah Tanpa Izin Pemiliknya Bisa Dipidana?

Laporan Reporter Tribun Lampung Deby Rizki Susilo  

Yth pengamat hukum. Apakah seorang petugas baik pemerintah dan swasta dapat kita tuntut secara hukum bila masuk rumah tanpa seizin pemiliknya? Misalnya polisi masuk tanpa izin pemilik rumah untuk mencari seseorang atau petugas PLN yang ingin memeriksa meteran rumah warga.Terima kasih.

Pengirim: 0896 11268xxx

Harus Penuhi Syarat Sesuai KUHP

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai ada orang lain yang masuk dalam ruangan, pekarangan dan rumah tanpa izin pemilik. Meskipun secara hukum ada ketentuan yang mengatur bahwa hal ini dapat dipidana, namun harus memenuhi persyaratan atau rumusan perbuatan terlebih dahulu apakah masuk kategori pidana atau tidak.

Di dalam Pasal 167 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dijelaskan bahwa "Barang siapa memaksa masuk ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yang dipakai orang lain dengan melawan hukum atau berada di situ dengan melawan hukum, dan atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera, diancam dengan pidana penjara paling lima sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah."

VIDEO Wanita Mencabut Tanaman Tanpa Izin di Tol Pandaan-Malang

Dari penjelasan Pasal ini, ada minimal 2 syarat yang dapat dipidana yakni pertama, berada di situ dengan melawan hukum dan kedua atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera. Apabila peristiwa ini terjadi, maka masuk dalam kategori Kejahatan yang biasanya disebut huisvredebreuk yang berarti pelanggaran hak kebebasan rumah tangga.

Menurut Rosa Agustina, dalam bukunya Perbuatan Melawan Hukum, dalam menentukan suatu perbuatan dapat dikualifisir sebagai melawan hukum diperlukan 4 syarat, pertama bertentangan dengan kewajiban hukum si pelaku, kedua bertentangan dengan hak subjektif orang lain, ketiga bertentangan dengan kesusilaan dan keempat bertentangan dengan kepatutan, ketelitian dan kehati-hatian.

Apa Dapat Dipidana Membawa Anak Gadis Tanpa Izin Orangtua?

Dengan demikian polisi yang masuk rumah mencari seseorang pelaku tindak pidana atau petugas pengecekan meteran PLN tidak masuk dalam kategori yang dapat dipidana berdasarkan ketentuan ini, kecuali dalam pelaksanaan tugasnya melakukan tindakan pengrusakan atau disertai pengancaman dan tidak sesuai dengan prosedur kerja.

Karena biasanya jika polisi dan petugas meteran PLN sudah selesai melaksanakan tugasnya, maka segera keluar dari pekelarangan atau rumah meskipun tidak diperintah atau disuruh pergi oleh pemiliknya terlebih dahulu. Dengan kata lain rumusan perbuatan atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera tersebut, tidak terjadi dan tidak terbukti.

Gindha Ansori Wayka SH MH
Akademisi dan Praktisi Hukum di Bandar Lampung

Penulis: Debby Rizky Susilo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved