Tipu Petani di Lampung Timur, Tenaga Ahli DPR RI Diganjar 14 Bulan Penjara

Cecep Ahmad Nuraeni, tenaga ahli DPR RI, diganjar hukuman 14 bulan penjara karena menipu petani untuk mendapatkan bantuan alat mesin pertanian.

Tribun Lampung/Hanif
Terdakwa Cecep (kiri) saat digiring keluar ruang persidangan di PN Tanjungkarang, Jumat (21/2/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Cecep Ahmad Nuraeni, tenaga ahli DPR RI, diganjar hukuman 14 bulan penjara karena menipu petani untuk mendapatkan bantuan alat mesin pertanian di Kecamatan Batanghari Nuban, Lampung Timur.

Warga Kampung Andil Jaya, Desa Cibeber, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat itu menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Jumat (21/2/2020).

Ketua majelis hakim Novian Saputra menyatakan, terdakwa Cecep terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam surat dakwaan subsider.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun dan dua bulan serta denda sejumlah Rp 50 juta. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, dapat diganti dengan kurungan selama dua bulan," ujarnya.

Janjikan Traktor dengan Imbalan Rp 70 Juta, Oknum Tenaga Ahli DPR RI Disidang

Sudah Tipu 800 Orang, Sindikat Penipuan CPNS Sudah Raup Uang hingga Rp 2 Miliar

Masih Berusia 16 Tahun, Residivis Jambret Diciduk Polres Pringsewu

Jalan di Enggal Disulap Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

Majelis hakim pun menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

Atas putusan ini, terdakwa Cecep menerima.

Begitu pula dengan JPU.

Sebelumnya JPU Muchamad Habi Hendarso menyatakan, terdakwa Cecep melanggar pasal 11 UU RI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

JPU menuntut terdakwa Cecep dengan pidana penjara satu tahun dan enam bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan.

JPU juga menuntut terdakwa membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider dua bulan kurungan.

Halaman
123
Penulis: hanif mustafa
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved