Breaking News:

Lampung Barat

Disbunnak Lampung Barat Temukan Hewan Kurban Terinfeksi Cacing Hati, Kecamatan Balik Bukit Terbanyak

Disbunnak Lampung Barat temukan hewan kurban terinfeksi cacing hati, petugas banyak temukan di kecamatan Balik Bukit.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani
Kepala Disbunnak Lampung Barat Nata Djudin Amran menjelaskan pihaknya menemukan sejumlah hewan kurba terinfeksi cacing hati. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Disbunnak Lampung Barat temukan hewan kurban terinfeksi cacing hati, terbanyak hewan kurban di Kecamatan Balik Bukit.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat Nata Djudin Amran mengatakan, 11 dari 1.396 hewan kurban di Lampung Barat ditemukan cacing hati.

Temuan tersebut berasal dari pemeriksaan petugas Disbunnak Lampung Barat di berbagai tempat penyembelihan hewan kurban selama empat hari terhitung sejak Hari Raya Idul Adha 1442 H.

"Di Kecamatan Balik Bukit terbanyak dengan temuan hewan kurban terjangkit penyakit cacing hati sebanyak 5 ekor sapi, yakni di Kelurahan Way Mengaku 4 ekor dan Kelurahan Pasar Liwa seekor," kata Nata, Sabtu (24/7/2021).

Menyusul, Kecamatan Batu Brak dengan temuan 3 ekor sapi terjangkit penyakit cacing hati, yakni 2 ekor di Pekon Kembahang dan seekor di Pekon Canggu.

Serta Kecamatan Way Tenong dengan temuan sebanyak 3 ekor sapi terjangkit penyakit cacing hati, yaitu 2 ekor di Pekon Puralaksana dan seekor di Pekon Tambak Jaya.

Petugas yang bertugas melakukan pemeriksaan, menyarankan agar organ tubuh yang terdapat cacing hati dikuburkan.

"Untuk bagian tubuh lain yang tidak ada cacing hatinya masih bisa dikonsumsi," kata Nata.

Baca juga: 30 Ribu Pelanggan PLN di Lampung Barat Dapat Stimulus

Nata juga menyebutkan rincian jumlah hewan kurban di Lampung Barat yang disembelih berdasarkan per kecamatan.

"Di Balik Bukit 57 ekor sapi dan 89 ekor kambing, Sumber Jaya 25 ekor sapi dan 14 ekor kambing, Sukau 41 ekor sapi dan 72 ekor   kambing," papar Nata.

"Kemudian, di Lumbok Seminung 17 ekor sapi dan 33 ekor kambing, Batu Brak 14 ekor sapi dan 71 ekor kambing, Belalau 3 ekor sapi dan 21 ekor kambing," tambahnya.

Selanjutnya, terus Nata, untuk Kecamatan Banda Negeri Suoh (BNS) 26 ekor sapi dan 94 ekor kambing, Suoh 30 ekor sapi dan 93 ekor kambing, Kebun Tebu 15 ekor sapi dan 37 ekor kambing.

Baca juga: 5 dari 90 Hewan Kurban di Lampung Barat Ditemukan Cacing Pita saat Diperiksa Petugas

"Lalu, di Gedung Surian 8 ekor sapi dan 58 ekor kambing, Air Hitam 9 ekor sapi dan 87 ekor kambing, Pagar Dewa 10 ekor sapi dan 74 ekor kambing," sebut Nata.

"Terakhir, di Sekincau 28 ekor sapi dan 102 ekor kambing, Batu Ketulis seekor sapi dan 40 ekor kambing, serta Way Tenong 67 ekor sapi dan 162 ekor kambing," imbuhnya. ( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved