Breaking News:

Lampung Barat

Menilik Prosesi Adat Angkon Muakhi Saat Ketua DPD RI Kunker ke Lampung Barat

Mereka adalah para prajurit, penari, pendekar pencak silat, dan lain sebagainya yang dipersiapkan untuk menyambut tamu agung Kerajaan Paksi Pak Skala

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: soni
dokumentasi
Pemakaian Hanuang Bani oleh Sultan Kepaksian Buway Pernong PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Skala Bekhak yang di-Pertuan ke-23 kepada La Nyalla Mattalitti di Gedung Dalom Kepaksian Buway Pernong Pekon Balak, Batu Brak, Lampung Barat, Selasa (7/9/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Sejumlah kaum lelaki dan perempuan mengenakan pakaian yang didominasi serba hitam berbaris rapi di tepi Jalan Lintas Liwa - Bukit Kemuning Pekon Balak, Batu Brak, Lampung Barat.

Mereka adalah para prajurit, penari, pendekar pencak silat, dan lain sebagainya yang dipersiapkan untuk menyambut tamu agung Kerajaan Paksi Pak Skala Bekhak Kepaksian Buway Pernong.

Masing-masing dari mereka ada yang memegang tombak, pedang, kipas, selendang, bendera, dan lain-lain.

Selasa (7/9/2021) sekira pukul 10.15 WIB datang sejumlah rombongan mobil berkawal aparat penegak hukum setempat.

Turun seorang lelaki berkemeja putih dari sebuah mobil hitam mewah yang langsung dipayungi oleh satu di antara para pasukan penyambut.

Baca juga: DPD RI Pantau Perkembangan BPUM di Pringsewu

Ya, dialah sang tamu agung dari pemerintah pusat yang menjabat sebagai Ketua DPD RI saat ini La Nyalla Mattalitti.

Pria bernama lengkap A A La Nyalla Mahmud Mattalitti itu langsung disambut dengan hangat oleh pasukan penyambut tamu.

Terlihat sebuah tandu berbentuk persegi tak beralas dengan ukuran sekira 2x2 meter yang dihiasi berbagai pernak pernik didominasi warna merah dan kuning emas yang disebut Alam Gemisekh.

Seorang pria menenteng sebilah pedang berlutut di hadapan La Nyalla Mattalitti menyampaikan beberapa kalimat kepada dia beserta rombongannya menggunakan Bahasa Lampung yang tidak begitu dipahami oleh Tribunlampung.co.id.

Usai mengucapkan sejumlah kalimat berbahasa Lampung itu, La Nyalla masuk ke dalam Alam Gemisekh yang diangkat empat orang pria.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved